Artikel ini membuat Anda :
 
  Bahagia     0%   Terinspirasi    0%
  Penasaran     0%   Biasa Saja     0%

 Cara Aman Pakai Kartu Debit 

Cara Aman Pakai Kartu Debit
Image by : Istimewa
Banyak orang yang sudah tahu perbedaan antara kartu debit VS kartu kredit., yaitu kartu debit langsung memotong dana dari rekening sementara kartu kredit membolehkan Anda untuk berutang atas sebuah pembelian.

Namun yang masih belum banyak orang menyadari adalah ternyata kartu debit jauh lebih rentan dari sisi pengamanan dibanding kartu kredit. Lantaran salah kaprah, mereka pun memperlakukan kartu debit layaknya kartu kredit.

Padahal dengan kartu kredit, apabila terdapat penyalahgunaan, transaksi tersebut dapat Anda tolak, dan Anda bisa terbebas dari kewajiban membayar. Sedangkan kartu debit, ya, uang dalam rekening Anda langsung ludes, dan pihak bank umumnya keberatan mengembalikan bila terjadi penyalahgunaan.

Berikut adalah sejumlah tempat yang harus Anda waspadai jika hendak bertransaksi menggunakan kartu debit.

ATM. Anjungan tunai mandiri yang berada di tempat keramaian atau sebaliknya, tempat yang sepi, adalah salah satu tempat paling berbahaya bagi pemegang kartu debit. Pasalnya penjahat dapat dengan mudah memasang berbagai macam alat yang dapat digunakan untuk membobol rekening, dari mulai alat yang mebuat kartu debit Anda seolah-olah tersangkut pada mesin, sampai yang canggih yaitu alat alat pembaca PIN kartu debit Anda. Agar aman, gunakan mesin ATM yang terdapat di kantor cabang bank. Atau kalau terpaksa, sebelum memasukkan kartu ke slot ATM, amati benar kondisi slot. Kalau mencurigakan lebih baik batalkan.

Restoran. Umumnya, saat membayar makanan di sebuah restoran kartu debit Anda diletakkan di sebuah tempat kartu lalu oleh pelayan dibawa ke kasir untuk digesek. Ada dua jenis alat, yaitu alat yang membutuhkan tanda tangan Anda – yang juga sangat mudah ditiru; dan alat yang membutuhkan Anda mengetikkan PIN. Apapun alatnya, Anda harus tetap waspada saat kartu debit tidak di tangan Anda. Biasakan membayar langsung ke kasir dan mengamati gerak-gerik kasir. Jangan sesekali kartu debit hilang dari pengamatan Anda.

Website. Kartu debit dan kartu kredit adalah alat pembayaran yang paling nyaman untuk berbelanja secara online. Sayangnya, dunia maya merupakan tempat yang paling berbahaya menggunakan kartu, apalagi kartu debit. Musuh Anda bisa berupa malware yang tertanam pada komputer, atau situs tipuan, atau yang canggih adalah penerobosan oleh penjahat pada jaringan nirkabel. (Antono Purnomo)



TULIS KOMENTAR FORUM


  200 Karakter
** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.



 
Join Us Now
Edisi September 2014 (18 Agustus-18 September 2014)
Monday, 18 August 2014


 REVIEWS
Aku, Juliet Aku, Juliet
05 September 2014
Resensi Novel Aku Juliet Judul: Aku, Juliet Penulis: Leyla Hana Penerbit: Moka Media Tahun Terbit: Cetakan Pertama, 2014 Jumlah Halaman: 179 ISBN: 979-795-840-X “Mereka bilang aku Juliet, lambang cinta yang agung, cinta yang mengatasi segala kepedihan-bahkan kematian. Ya, aku memang Juliet. Keluargaku bukan Capulet, melainkan Juventia. Dan Romeoku juga bukan dari keluarga Montague, melai



  RDI ON TWITTER