Artikel ini membuat Anda :
 
  Bahagia     0%   Terinspirasi    0%
  Penasaran     0%   Biasa Saja     0%

 Apakah Nama Anda Termasuk dalam Black List Bank? 

Apakah Nama Anda Termasuk dalam Black List Bank?
Image by : Feminagroup
Anda ingin mengajukan pinjaman ke bank untuk modal usaha Anda namun takut ditolak karena sebelumnya selalu menunggak pembayaran kartu kredit? Cari tahu status Anda melalui fasilitas Informasi Debitur Individual (IDI) di Bank Indonesia (BI).

Orang yang pernah menerima kredit, entah itu lewat fasilitas kartu kredit maupun jenis pinjaman lain, melalui bank maka secara otomatis namanya akan tercantum dalam daftar kolektibilitas BI. Dalam daftar tersebut akan terekam jejak pelunasan kreditnya dan diurut secara ranking.

Ranking pertama adalah orang-orang yang selalu melunasi pembayaran secara tepat waktu. Sementara ranking kelima berisi daftar nama-nama orang yang melakukan penunggakan pembayaran hingga lebih dari 270 hari. Ranking ini biasa disebut daftar black list oleh bank.

Data itu biasanya dijadikan referensi pihak bank untuk mengetahui track record pinjaman calon nasabahnya. Pihak bank bisa menolak memberikan pinjaman, jika ternyata nama nasabah yang mengajukan pinjaman termasuk dalam ranking penunggak.

Selain bisa diakses oleh pihak bank dan lembaga pemberi pinjaman, IDI juga bisa diakses oleh masyarakat umum. Caranya pun cukup mudah, Anda tinggal datang ke gerai info BI dan meminta formulir permohonan IDI dengan membawa KTP asli dan tidak bisa diwakilkan. Permintaan data IDI juga bisa secara online melalui website BI.

Jika sudah termasuk dalam daftar black list, bagaimana cara keluarnya? BI memberikan tenggat waktu hingga enam bulan bagi mereka yang masuk dalam black list. Syaratnya adalah dengan melunasi semua tunggakan yang ada. Jika sudah dilunasi, maka BI akan menaikan peringkat peminjam ke posisi yang lebih baik.

Jika peminjam menemukan ketidakcocokkan data di IDI, ia bisa juga mengajukan keluhan langsung ke BI untuk segera dikoreksi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai IDI, bisa dilihat di sini.



TULIS KOMENTAR FORUM


  200 Karakter
** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.



 
Join Us Now
Agustus 2014 (18 Juli - 18 Juli 2014)
Friday, 18 July 2014


 REVIEWS
Nyengir Ketupat Nyengir Ketupat
29 May 2014
Nyengir Ketupat adalah bulu religi yang dikemas secara komedik. Yang saya paham dari ciri khas penulis, selalu menyajikan pesan moral juga hikmah di setiap ujung cerita. Ini yang selalu menjadi kelebihan semua tulisan Haris Firmansyah. Banyak banget plesetan dalam buku ini. Seru. Lucu. Kadang emang benar-benar membikin nyengir ketika membacanya. Yang paling memorable buat saya adalah bag


  RDI ON TWITTER