TRAVELLER
9 Dec 2011

Berburu Kuliner di Destinasi Wisata

Ini dia strategi agar kegiatan wisata kuliner Anda berjalan lancar.

Berwisata ke suatu kota, baik di Indonesia maupun luar negeri, belum lengkap tanpa mencicipi makanan maupun minuman khas di kota itu.

Bahkan ada yang menjadikan wisata kuliner sebagai agenda wajib saat pelesir. Seru dan nikmat! “Apalagi kalau bisa menemukan makanan dan minuman yang belum pernah dicoba oleh banyak orang, dengan rasa yang enak dan otentik,” Jeny, food blogger, yang rajin menulis reviu restoran dan tempat makan di Jakarta maupun kota-kota dan negara yang dia kunjungi di www.jenzcorner.netlog.

Meski makan dan minum termasuk aktivitas yang biasa kita lakukan, namun berburu kuliner di destinasi wisata ada strateginya, lho. “Masalahnya biasanya, sih, kekenyangan. Karena begitu banyak yang bisa dicoba, tetapi kapasitas perut tidak memungkinkan,” tambah Jeny. Selain itu, menurut Jeny, kadang lokasi suatu restoran atau tempat makan sulit ditemukan, memiliki jam buka yang tidak tentu dan akses transportasi umum menuju tempat itu sulit. Berikut ini adalah beberapa strategi yang dilakukan Jeny sebelum berburu kuliner di kawasan yang dia kunjungi.

Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang makanan atau minuman apa saja yang ada di daerah tersebut, termasuk juga lokasinya dan reviu tempat itu, kalau ada.

Bergabung dengan mailing list penggemar kuliner, seperti Jalansutra, tonton tayangan kuliner di televisi, atau jelajahi blog-blog food blogger dan portal kuliner. “Kalau perlu, tanya langsung kepada penduduk setempat begitu sampai di destinasi wisata,” ujarnya.

Buat rencana perjalanan komplet dengan makanan apa aja yang hendak dicoba. “Biasanya saya selalu mencari kuliner yang jarang/belum pernah dikunjungi turis, tetapi lebih ke makanan yang dinikmati oleh penduduk setempat,” katanya. Biasanya, menurut Jeny, makanan-makanan seperti itu enak dan harganya murah-meriah.

Sharing makanan dan minuman dengan teman yang ikut berburu kuliner. Dengan begitu, kapasitas perut tidak penuh dan bisa mencoba lebih banyak jenis makanan dan minuman yang dijual.

Jika memungkinkan, ngobrol dengan pemilik usaha kuliner tersebut sehingga Anda bisa mengetahui asal-usul dan bahan pembuatan makanan yang dicoba.

Yang paling penting, jangan menaruh harapan terlalu tinggi, dan berlapang dada lah kalau makanan yang Anda coba berbeda dengan apa yang Anda makan sehari-hari. “Jika misalnya makanan tersebut tidak cocok dengan lidah saya, ya, tidak apa, yang penting sudah pernah mencobanya,” saran Jeny. (Imelda Suryangingsih)



inspirasi

Obat untuk kebosanan adalah keingintahuan. Tapi tidak ada obat bagi keingintahuan.

Ellen Parr
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...