Artikel ini membuat Anda :
 
  Bahagia     0%   Terinspirasi    0%
  Penasaran     0%   Biasa Saja     0%

 Rambu-Rambu Menukar Uang 

Rambu-Rambu Menukar Uang
Image by : Alan Crosthwaite | Dreamstime.com
Sebagai traveler, pertimbangan utama soal tukar-menukar uang adalah mendapat kurs terbaik.

Biasanya, ini dibarengi pertanyaan: “Haruskah saya menukar saat ini?”, atau “Bagaimana nilai rupiah di sana?” Nah, ini rambu-rambu yang bisa membantu Anda.

Menukar uang di hotel atau bandara.

Menukar uang di bandara atau hotel memang lebih nyaman dan terkesan praktis. Tetapi hati-hati, nilai tukar yang ditawarkan cenderung buruk –imbas dari biaya transaksi yang tinggi. Sebaiknya hindari menukar uang di tempat-tempat seperti ini, kecuali tidak ada pilihan lain. Dampaknya akan lebih signifikan jika Anda menukar dalam jumlah banyak.

Menukar uang lewat kartu kredit.

Umumnya, kartu kredit menawarkan nilai tukar paling menguntungkan. Ini dikarenakan perusahaan kartu kredit memiliki akses nilai tukar lebih baik ketimbang perorangan. Tetapi ada peringatan untuk ini: perhatikan situasi mata uang negara Anda. Hati-hati menggunakan kartu kredit ketika nilai mata uang negara Anda sedang jatuh karena transaksi tidak dikonversikan seketika. Ada kemungkinan Anda mendapatkan nilai tukar yang kurang bagus beberapa hari kemudian.

Alternatifnya adalah traveler's check. Meski popularitasnya meredup, cara ini masih punya beberapa keuntungan, seperti mudah diganti jika hilang atau dicuri, dan dapat digunakan di tempat penukaran uang mana pun dengan bebas.

Menukar uang di bank lokal.

Nilai tukar yang diberikan oleh bank lokal biasanya cukup bagus, tetapi ada beberapa hal yang perlu jadi perhatian. Jika nilai tukar ditentukan murni oleh suplai dan permintaan, maka Anda akan mendapatkan nilai yang dekat dengan “harga pasar”. Tetapi ini akan berbeda jika nilai tukar ditentukan oleh pemerintah dari negara yang Anda kunjungi. Meski demikian, bank lokal biasanya memberikan nilai yang relatif bagus, dengan biaya tidak terlalu tinggi. Untuk meyakinkan, selalu cek nilai tukar uang terkini di koran-koran.

Menukar uang di ATM.

Jika Anda tidak ingin membawa uang terlalu banyak ketika traveling, maka cara ini bisa dipakai. Dan, biasanya ATM menawarkan nilai tukar yang masuk akal. Tetapi ingat, beberapa bank menarik biaya untuk penarikan di luar negeri. Jadi pastikan ini pada bank Anda sebelum berangkat. Satu hal lagi yang perlu diingat adalah, bank Anda bisa saja membekukan rekening jika melihat ada transaksi tidak wajar, seperti penarikan di empat negara berbeda dalam waktu satu minggu. Jika ini rencana Anda, maka pastikan bank Anda mengetahuinya. (Bayu Maitra)


TULIS KOMENTAR FORUM


  200 Karakter
** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.



 
Join Us Now
Edisi November 2014 (24 Oktober - 24 November 2014)
Friday, 24 October 2014


 REVIEWS
Serunya Puasa Ramadhan di Luar Negeri Serunya Puasa Ramadhan di Luar Negeri
26 September 2014
Judul: Serunya Puasa Ramadhan di Luar Negeri Penyusun: Leyla Hana Penulis: Dang Aji, Ary Nur Azizah, Mell Shaliha, Arista Devi, Nyi Penengah Dewanti, Nessa Kartia, Vita Dayoo, Deasy Rosalina, Atik HW, Annisah Rasbell, Awy’ A Qolawun, Anizma Ridho, Ibnu Alwan Ahmad, Ima Nurhikmah, Himmah Mahmudah, Julie Nava, Jasmine Hanniraya, Taschan, Elly Romdliyana, Fitria Heny, Yessi Anggraini Penerbit: Qib


  RDI ON TWITTER