SOBAT INSPIRATIF
8 Apr 2015

Penyelamat Bakau

Kisah inspiratif pelestarian hutan bakau di Kebumen.

Putra Kebumen ini menyapa ramah sang alam melalui kearifan lokal warisan tanah kelahirannya. Inilah kisah inspiratifnya.

Empasan tsunami yang telah menyapu sebagian besar lahan kampung halamannya yang berada di kawasan pesisir Pantai Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, pada 2006, menyadarkan Sukamsi, 41, akan satu fakta hebat: Hutan mangrove/bakau ternyata bisa menjadi penghalau laju air bah atau ancaman tsunami. Apalagi, kondisi hutan bakau – sebagian merupakan sisa penjarahan pada 1998 – tersebut juga sangat baik, dengan lahan yang cukup luas. 

Sukamsi yang sejak kecil terbiasa dengan gerakan-gerakan pelestarian alam pun tergerak membentuk organisasi perlindungan hutan, yang fokus kepada pemeliharaan kawasan hutan pantai. Berdirilah Kelompok Pecinta Lingkungan Pantai Selatan (KPL Pansela), pada 2007. Bersama KPL Pansela, Sukamsi aktif mensosialisasikan berbagai hal tentang pemeliharaan lingkungan kepada nelayan-nelayan kecil di Kebumen, khususnya mereka yang beroperasi di pesisir pantai Ayah. 

“Awalnya, banyak penolakan dari teman-teman yang saya ajak bergabung dalam kegiatan ini, karena membangun hutan bakau sangat berat,” Sukamsi mengenang. Tak hanya itu, medan jelajah berair, hasil kayu yang tidak bisa dijual, sulit mendapatkan bibit dan konsep swadaya murni juga menjadi kendala. “Pikir saya waktu itu, eks anak-anak jalanan binaan saya bisa diberdayakan,” katanya lagi.

Sejak Oktober 2003, Sukamsi memang sudah mengumpulkan anak-anak jalanan untuk dilibatkan dalam aktivitas-aktivitas pembinaan. “Saya berusaha menjunjung harkat dan martabat mereka, meng-orang-kan dari pandangan negatif masyarakat mengenai anak jalanan. Menjadikan mereka manusia yang berguna,” ujar Sukamsi. Ada 11 anak jalanan yang direkrut oleh Sukamsi dalam pengembangan hutan bakau, untuk menjadi anggota KPL Pansela. Selain mereka, ada juga sejumlah tokoh masyarakat dan aktivis sosial yang terlibat. 

Sebelum sosialisasi pelestarian bakau digalakkan, Sukamsi kerap menyaksikan petani tambak menebang kayu bakau untuk dijadikan kolam/tambak. Akibatnya, luas wilayah bakau berkurang, dan menyebabkan bencana abrasi. Para nelayan pun dengan leluasa memotong akar pohon bakau dan ranting-rantingnya supaya memudahkan mereka saat menebar jaring. Mereka tidak memikirkan kelangsungan ekosistem. 

Padahal menurut data BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), Kabupaten Kebumen memang termasuk wilayah administratif paling rentan terhadap bencana tsunami, di antara 19 kabupaten/kota lain di sepanjang pesisir selatan Jawa. Itu sebabnya langkah-langkah yang lekat dengan isu pemeliharaan lingkungan penting dikembangkan di tempat itu. 

Meski demikian, aksi KPL Pansela sempat membuahkan protes dari para nelayan dan kelompok masyarakat lain. Mereka marah karena penanaman bakau yang dilakukan oleh anggota KPL Pansela mengganggu pencarian ikan. Buktinya, suatu pagi Sukamsi dan anggota KPL Pansela pernah menemukan ratusan bakau muda yang mereka tanam rusak parah karena dicabuti secara massal pada malam sebelumnya. Puluhan tanaman bakau muda lain pun rusak karena tergulung kipas perahu nelayan. Padahal, proses menanam bakau cukup sulit, harus menyelam dan menelusuri area berlumpur.  “Para pencuri kayu juga merasa tak nyaman karena penjagaan kami, belum lagi peternak kambing yang dibatasi dalam memetik daun untuk pakan kambingnya,” jelas Sukamsi.

Setelah bertahun-tahun memberikan pemahaman dan melakukan berbagai kerja sama dengan masyarakat, pria yang kini masih aktif di berbagai kegiatan sosial, termasuk sebagai relawan bencana alam, boleh merasa lega. Kegigihannya berhasil menuai kesadaran masyarakat untuk lebih menjaga kelestarian alam. “Saya bersyukur, kawasan Pantai Ayah sekarang sering dikunjungi wisatawan yang tertarik mengelilingi perkebunan bakau menggunakan perahu,” tuangnya. Dari sisi ekonomi, perubahan itu membantu masyarakat karena beberapa orang warga akhirnya berinisiatif memiliki perahu untuk disewakan.

Berkah lain? “Ikan kakap putih yang sejak puluhan tahun lalu sempat menghilang dari perairan Pantai Ayah, dalam dua tahun ini juga hadir kembali,” tutur Sukamsi dengan nada puas, sambil memandang lahan di sekitar muara yang dahulu tidak terawat kini telah dirimbuni bakau dengan kondisi perairan dan ekosistem yang lebih sehat. Yang jelas, masyarakat bisa lebih tenang. Pantai mereka kini dibentengi hutan bakau. (Sandi Eko)



inspirasi

Saya menyukai semangat yang bisa membuat orang melakukan hal-hal yang seharusnya tidak mereka lakukan.

Johnny Knoxville, komedian.
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...