SOBAT INSPIRATIF
11 Mar 2015

Bocah Pramuka Yang Pemberani

Ia masih 10 tahun, namun memiliki keberanian menyelamatkan nyawa anak lain

Ketika bocah penyuka air berusia 10 melihat seorang anak perempuan berada dalam bahaya, ia menyelam untuk menyelamatkannya

Siang itu merupakan satu hari yang terik di bulan Juni, di perbatasan Austin, Texas, Amerika Serikat, dan Sammy Armstrong sudah tak sabar untuk segera masuk ke dalam air.
Bocah berusia 10 tersebut sedang dalam liburan berkemah di McKinney Falls State Park bersama Kelley, sang ibu, juga ayahnya, Stacey, dan dua adiknya, yang berusia delapan dan dua, Ben dan Willy. 

Sekitar pukul 11 siang, ibu Sammy dan adiknya, Ben, menyiapkan kayak kepunyaan mereka di Onion Creek, yang berliku sepanjang kebun seluas 750 hektar, dan mulai mendayung. Sammy dan Willy menemani ayah mereka ke Upper Falls, titik di mana Onion Creek yang tenang, terjun setinggi 3,6 meter dari atas tebing berbatu. Di puncak air terjun, jalur bebatuan kapur melintasi bantaran sungai. Di bawahnya adalah lokasi yang biasa digunakan untuk berenang dengan kedalaman hingga 6 meter.

Sementara ayahnya mengawasi dari bebatuan di atas, Sammy terjun ke air. Ia adalah seorang perenang handal – merupakan anggota tim renang di kota asalnya di Cypress, Texas. Sammy bermain-main di air, beberapa kali menarik dirinya dari tempat berenang tadi dan naik ke atas batu besar yang hangat untuk sekadar mengamati sekumpulan anak-anak yang menyusuri bantaran sungai di atasnya. Mereka adalah pengunjung area perkemahan musim panas dari Austin. Bersama para pembina, mereka tengah menuju kembali ke lahan parkir khusus pengunjung, setelah melakukan hiking pagi. Bersamaan dengan melintasnya segerombolan anak-anak itu di dekat Stacey dan Willy, seorang anggota rombongan – anak perempuan mungil berusia lima – menunduk untuk mengambil botol minum dan kehilangan keseimbangan. Dan seketika, ia tersapu ke arah air terjun.

“Seorang anak perempuan terbawa arus menuju air terjun!” teriak Stacey. Sammy secara sekilas menyaksikan tangan dan ujung kepala gadis kecil itu di saat pusaran air mendorong si gadis ke dalam sebuah lubang di bawah tebing berbatu, menyembunyikannya dari pemandangan orang-orang di atas. Anak itu timbul dan tenggelam, berjuang di kedalaman air. “Saya lumayan ketakutan pada saat itu,” ujar Sammy sekarang. 

Ayahnya, sambil menggendong Willy dengan satu tangan, berjalan menuju tepian air terjun untuk mencoba mencari gadis kecil itu, tetapi Sammy merupakan satu-satunya yang berada di posisi paling strategis. “Kau harus mengeluarkan ia dari situ!” Stacey berteriak ke arahnya. Sammy sebenarnya gugup, tetapi, “Ayah melihat ke arahku, dan saya tahu apa yang mesti dilakukan.”

Pengalaman beberapa tahun bergabung di kepramukaan telah mengajarkan Sammy agar jangan pernah memasuki situasi berbahaya, tanpa memiliki strategi untuk lolos dari hal itu. Bocah itu memerlukan beberapa detik untuk menimbang situasi, dan ia pun terjun menyelam, melintasi pusaran air terjun. Dalam beberapa detik, ia sudah berada di samping perempuan kecil yang tengah berjuang itu. Panik, gadis itu berusaha memanjat ke atas Sammy. “Saya tenggelam sebentar, kemudian kembali timbul ke permukaan,” kenang Sammy. “Wajah saya tetap tenang, tetapi hatiku berpacu sekencang Mach 5, lima kali kecepatan suara.”

Seraya mengapung di permukaan air dengan jarak satu lengan dari si gadis, ia menanyakan apakah anak itu bisa berenang. Saat ia menjawab tidak, Sammy dengan hati-hati menariknya ke atas punggung, kemudian menyusuri permukaan dinding batu nan licin di sekeliling tepian air terjun, menuju ke daratan.  

Tak lama, seseorang melempar pelampung dari pinggir sungai dan menarik keduanya dari air. Anak itu terbaring di tanah, terbatuk-batuk dan dalam kondisi terlalu terguncang untuk menangis.
Ketika Kelley berjalan ke lokasi setelah berkayak bersama Ben, ia melihat orang-orang berkumpul di dekat lokasi berenang, dan tiba-tiba hatinya berdebar. Lalu seorang wanita mendekati ia dan mengabarkan bahwa Sammy telah menyelamatkan nyawa seorang anak perempuan. “Sammy mengatakan, sekarang ia tidak mungkin melakukan hal itu,” ujar Kelley. “Tetapi, saya tahu ia mampu, karena saya mengenal Sammy.” 

Kini, duduk di bangku SMP, Sammy mengakui, ”Saat itu, ketika saya masuk ke dalam air, saya tidak benar-benar memikirkan resikonya.” (Melody Warnick)



inspirasi

Tato pertama saya adalah kelinci Playboy karena saat itu saya masih muda, bodoh dan sedang mabuk.

Anna Nicole Smith, aktris
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...