Artikel ini membuat Anda :
 
  Bahagia     0%   Terinspirasi    0%
  Penasaran     0%   Biasa Saja     0%

 Menghindari Leher Kaku 

Menghindari Leher Kaku
Image by : Feminagroup
Rasa pegal di leher atau bagian tengkuk adalah masalah yang banyak dirasakan orang.

Penyebabnya bisa karena pengapuran—terutama orang yang sudah beranjak tua—dan adanya saraf yang terjepit akibat kesalahan posisi. Saat terjadi masalah dengan leher, sakit yang dirasakan biasanya akan menjalar ke bagian tubuh lain, seperti lengan dan pundak.

Gejala yang ditimbulkan pun beragam, antara lain leher atau tengkuk terasa nyeri dan kaku, kepala terasa pusing, daerah lengan hingga tangan terasa kesemutan, atau pundak terasa pegal. Gejala-gejala tersebut tentu saja sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Agar leher Anda tetap aman dari gangguan sakit, coba lakukan beberapa latihan berikut di sela-sela waktu sibuk Anda.

Miringkan kepala ke kiri atau kanan, kira-kira dengan sudut kemiringan 60 derajat, dan tahan sejenak. Kemudian, dengan bantuan tangan, dorong lembut kepala Anda ke arah bawah hingga terasa otot bagian bawah samping tulang leher Anda tertarik. Tahan posisi tersebut selama 5-10 detik, lalu kembali rileks. Ulangi gerakan tadi sebanyak 5-10 kali.

Masih dalam posisi duduk, silangkan salah satu lengan Anda ke arah berlawanan di depan dada. Gunakan tangan lain untuk menarik lengan Anda secara maksimal sehingga terasa tarikan di otot-otot belakang dan bahu. Tahan selama 5-10 detik, rileks, lalu ulangi lagi sebanyak 5-10 kali.

Dengan posisi duduk tegak, angkat kedua bahu Anda ke atas pelan-pelan. Tahan selama enam detik dan turunkan kembali pelan-pelan. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 5-10 kali.

Selamat mencoba, dan semoga Anda terbebas dari gangguan sakit leher. (Wiko Rahardjo)



TULIS KOMENTAR FORUM


  200 Karakter
** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.



 
Join Us Now
Agustus 2014 (18 Juli - 18 Juli 2014)
Friday, 18 July 2014


 REVIEWS
TwiRies, The Frealy Twins Diaries TwiRies, The Frealy Twins Diaries
02 September 2014
Judul: TwiRies, The Freaky Twins Diaries Penulis: Eva Sri Rahayu dan Evi Sri Rezeki Penerbit: de TEENS Tahun Terbit: Mei 2014 Jumlah Halaman: 303 halaman ISBN: 978-602-255-577-3 Bagaimana rasanya menjadi anak kembar? Apakah mereka memiliki perasaan yang sama? Apakah mereka harus jatuh cinta kepada orang yang sama? Apakah mereka memiliki golongan darah yang sama? Berbagai pertanyaan kerap

  RDI ON TWITTER