PERENCANAAN KEUANGAN
3 Aug 2015

Supaya Gaji Tidak Selalu Koma di Tengah Bulan

Gaji habis sebelum waktunya, dan selalu begitu setiap bulan. Apa tidak bosan?

FOTO: CEKAJA.COM/SHUTTERSTOCK

Akhir bulan atau awal bulan adalah waktu yang selalu ditunggu-tunggu oleh karyawan. Sebab, di waktu itulah isi ulang rekening, alias gajian, terjadi. Sayangnya, permasalahan yang terjadi selalu sama tiap bulan: uang gaji selalu ‘sepuluh koma’ alias tanggal 10 sudah koma atau habis tak tersisa.
 
Yang menyebalkan, hal itu kerap terjadi walaupun Anda telah memiliki rencana penggunaan gaji yang akan diterima dan disusun jauh-jauh hari sebelum tanggal gajian tiba. Tetapi setelah hari gajian tiba rencana tersebut seakan buyar karena banyaknya daftar tagihan yang harus diselesaikan.
 
Nah, supaya tidak selalu terulang dengan masalah gaji yang selalu habis sebelum waktunya, berikut beberapa tip yang bisa membantu Anda dalam mengelola gaji.
 
Dibagi
Bukan artinya harus membagi-bagikan gaji Anda ke orang lain, melainkan Anda membagi total gaji yang diterima menjadi beberapa bagian alokasi. Contoh, bagian untuk menyelesaikan tagihan dan utang, belanja, tabungan, serta bagian-bagian lain sesuai kebutuhan. Agar mudah membaginya, tentukan persentase untuk tiap bagian.
 
Prioritas bayar utang
Bukan sekadar membagi, selanjutnya Anda perlu menetapkan bagian yang menjadi prioritas. Salah satunya adalah membayar tagihan-tagihan yang perlu dibayar setiap bulannya. Misalnya tagihan kartu kredit yang telah jatuh tempo agar tidak terkena bunga dan selalu bayar minimum, serta tagihan kebutuhan sehari-hari seperti tagihan listrik, air, internet dan lainnya. Sebagai catatan, utamakan untuk menyelesaikan tagihan diluar dari kebutuhan sehari-hari. Sebab, ketika tagihan tersebut selesai, Anda dapat mengalokasikan bujetnya ke kebutuhan lain.  
 
Pisahkan tabungan
Banyak orang yang masih tidak melakukan poin ini, yaitu memisahkan rekening tabungan dengan rekening yang dipakai sehari-hari. Padahal, dengan demikian Anda akan bisa lebih mudah mengontrol pengeluaran tanpa mengganggu uang tabungan yang dimiliki. Sebab, sering kali seseorang tergoda berbelanja karena ia melihat masih ada uang di rekeningnya. Karena itu, selain memisahkan rekening, singkirkan pula kartu ATM tabungan dari dompet Anda agar tidak dengan mudah menggunakan uang yang ada di dalamnya.
 
Pentingnya dana darurat
Bagaimana jika kejadian tidak terduga terjadi. Misal, Anda tiba-tiba sakit, anggota keluarga membutuhkan uang mendadak, atau kebutuhan lainnya. Itulah alasan mengapa Anda perlu dana darurat. Agar mudah, Anda bisa menggabungkan dana ini dalam tabungan. Dengan catatan, Anda buat persentase sendiri untuk alokasinya. Idealnya, dana darurat ini memiliki kisaran 5-10 persen pendapatan yang Anda miliki.
 
Tingkatkan uang
Tentunya Anda tidak puas hanya cukup menerima uang gaji, bukan? Bila demikian, demi tujuan masa depan, sisihkan gaji Anda untuk memulai investasi. Jangan ragu ragu dan takut akan risikonya, sebab saat ini banyak macam saluran investasi aman yang bisa dipilih dan minim risiko. Contohnya, reksa dana, deposito, properti, emas, dan lainnya. Anda bebas membandingkan dan memilih investasi sesuai kebutuhan. Catatannya, sesuaikanlah jenis investasi tersebut dengan karakteristik yang Anda miliki. (Sumber: CekAja.com/ Editor: Antono Purnomo)



inspirasi

Saya akan mencoba sesuatu paling tidak sekali, dua kali jika saya menyukainya, tiga kali unutk memastikannya.

Mae West
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...