PERENCANAAN KEUANGAN
19 May 2015

SikapTenang, Kunci Uang Selamat

Jangan lekas panik ketika mengalami masalah di depan mesin ATM.

Tentu tak seorang pun mau kehilangan uang mereka dengan cara menjadi korban kejahatan. Pada kenyataannya, kejahatan di anjungan tunai mandiri, alias ATM merupakan salah satu kejahatan yang sering terjadi, kapan saja, dan di mana saja. Terutama menjelang hari-hari besar seperti hari raya – lebaran ataupun natal, waktu sekitar pendaftaran anak sekolah, serta di lokasi-lokasi yang sepi atau lokasi yang membuat orang mudah panik, seperti di rumah sakit.

Modus kejahatan yang sangat umum dilakukan para penjahat terkait kejahatan di ATM di Indonesia, sejatinya tidak canggih-canggih amat. Bahkan cenderung konvensional: mengganjal slot masuk kartu dengan batang korek api, supaya kartu ATM nasabah tersangkut. Metode selanjutnya lah yang merupakan variasi-variasi bentuk kejahatan yang sudah-sudah terjadi.

Contohnya, ketika kartu ATM milik nasabah bank tidak bisa keluar dari mesin, Anda patut mewaspadai orang-orang yang tiba-tiba datang menawarkan bantuan. Karena sangat sering terjadi, orang-orang ini justru para pelaku kejahatan yang berniat menguras habis isi rekening bank Anda.

Metode lain, juga tetap memanfaatkan batang korek api untuk mengganjal, adalah sebaliknya, yaitu kartu ATM milik nasabah sulit dimasukkan ke dalam mesin. Para penjahat lalu beraksi: ada yang menawarkan bantuan, ada yang mengalihkan perhatian nasabah – biasanya dengan menunjukkan uang milik nasabah yang jaatuh di lantai, sementara yang lain langsung mengambil kartu ATM yang sedang menempel di slot ATM karena tidak bisa masuk, dan menukar dengan kartu ATM lain milik penjahat.

Selanjutnya, penjahat secara diam-diam akan melepaskan ganjal, meminta nasabah untuk memasukkan kartu dan PIN, sementara mereka mengintip nomor PIN nasabah. Karena bukan kartu yang dimilikinya, tentu tidak akan bisa digunakan. Saat nasabah pergi, penjahat lalu mengunakan PIN hasil mengintip untuk menguras uang.

Selain itu Anda juga patut mewaspadai stiker bertuliskan nomor telepon milik customer care bank tersebut, yang ditempel di mesin ATM. Karena sudah menjadi hal yang sering terjadi pula, bahwa penjahat mengganti stiker tersebut dengan miliknya, dan mencantumkan nomor telepon kaki tangannya.

Modus terbaru adalah para penjahat yang menyamar dengan menggunakan seragam satuan petugas keamanan alias satpam. Modus ini cukup menyebabkan banyak korban, karena biasanya para nasabah bakal berusaha mencari pihak yang terpercaya – seperti satpam atau polisi – untuk membantu kesulitan yang mereka hadapi.

Nah, agar bisa menghindari diri dari modus penipuan di ATM, Nasabah perlu cermat memilih lokasi mesin ATM. Batalkan mengambil uang bila tempat yang didatangi kurang “meyakinkan” dari sisi keamanan: gelap atau temaram, sepi, dan sebagainya. Mengambil di ATM yang terdapat di sebelah bank berangkutan, dengan petugas keamanan yang terjamin keasliannya, adalah salah satu opsi yang bisa diambil.

Lalu bagaimana kalau kartu sudah terlanjur tertelan mesin ATM? Jangan panik. Google nomor telepon layanan perbankan bank bersangkutan, atau catat di HP. Hubungi noro tersebut, dan jangan mengandalkan bantuan dari orang lain. Harap diingat, bahwa layanan pelanggan tidak pernah meminta nomor PIN kepada nasabah mereka, atau meminta nasabah memasukkan nomor-nomor tertentu. Karena yang sesungguhnya dapat mereka lakukan hanyalah mendata identitas dan masalahyang dihadapi nasabah. (Antono Purnomo)





inspirasi

Tuhan memberikan seseorang kejeniusan tanpa kesabaran, dan pada orang lain kesabaran tanpa kejeniusan. Pencapaian kedua orang itu seringkali sama-sama mengejutkan.

Walter C. Klein
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...