PERENCANAAN KEUANGAN
21 May 2012

Merencanakan Masa Depan Jangan Cuma Mimpi!

Sejatinya kegiatan merencanakan masa depani wajib dilakukan semua orang.

Merencanakan masa depan? Waduh, untuk menjalani yang ada di depan mata saja masih kelimpungan! Begitu komentar kebanyakan orang saat disinggung soal apa rencana masa depan mereka.

Alasan yang mereka lontarkan cukup beragam, dari mulai pendapatan yang jumlahnya tak seberapa, sampai soal tak banyak orang yang memiliki kebiasaan di keluarga dan lingkungannya untuk memiliki rencana di masa depan.

Padahal, memiliki perencanaan masa depan atas kehidupan yang Anda dan keluarga jalani sangat penting. Jangankan hidup tanpa rencana alias kumaha engke, hidup dengan rencana saja bisa meleset dari target-target yang telah ditetapkan. Tetapi walau meleset, paling tidak masih ada hal-hal lain yang berjalan sesuai rencana, dan hal itu jauh lebih baik ketimbang hidup tanpa rencana.

Nah, dalam merencanakan masa depan, tak bisa dipungkiri kalau soal keuangan merupakan hal yang krusial untuk dilakukan. Untuk itu Anda dapat mulai merencanakan masa depan dengan teknik paling mendasar, yaitu menabung.

Menabung adalah menyisihkan sejumlah uang untuk digunakan di kemudian hari. Artinya, Anda harus mencari tahu apa-apa saja yang perlu dibayarkan dengan menggunakan uang, dan kapan waktunya.

Agar mudah, coba Anda cek lagi kebutuhan masa depan Anda, dan gunakan jangka waktu sebagai patokan usia tabungan sebagai berikut:

Jangka pendek adalah tabungan yang digunakan untuk keperluan yang akan datang, dalam waktu maksimal lima tahun. Yang bisa Anda kelompokkan di sini adalah tabungan pendidikan dasar, dari masuk TK, TK ke SD, SD ke SMP, SMP ke SMA, dana darurat, dana start up investasi, dan sebagainya, yang Anda perhitungkan bakal muncul dalam jangka waktu dua tahun.

Jangka menengah. Keperluan yang datang antara 5-10 tahun dapat Anda masukkan ke tabungan jangka menengah. Contohnya, dana darurat, tabungan pendidikan kuliah, dana investasi lanjutan, dan sebagainya, yang Anda harapkan munul dalam jangka waktu 2-5 tahun tersebut.

Jangka panjang. Keperluan yang akan Anda dapat dalam jangka waktu lebih dari 10 tahun, seperti dana pensiun.

Serunya, saat ini banyak sekali produk tabungan berjangka yang ditawarkan ke masyarakat, sehingga Anda dapat leluasa memilih. Selain itu, agar uang Anda dapat tumbuh signifikan dan melewati angka inflasi, Anda wajib juga menabung untuk investasi. (Antono Purnomo)







inspirasi

Cinta menanggalkan topeng yang kita takut tidak dapat hidup tanpanya dan tahu tidak dapat hidup dengannya.

James Arthur Baldwin
Telah Terbit
Agustus 2015




Review

Astrolobitch

24 Nov 2014

Judul : Astrolobitch. Penulis : Connie Wong. Penerbit : Rakbuku. Tahun terbit : Cetakan 1, 2014. ISBN : 9786021684047. Resensi : Hampir setiap cewek pasti membaca atau bahkan mempercayai ramalan Bintang. Untuk mengetahui bagaimana peruntungan hari ini atau melihat ramalan percintaa...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Yang Sehat, Juga Menggiurkan

4 May 2015

Asumsi banyak orang tentang makanan yang sehat adalah ia tidak menggugah selera, hambar dan tampak membosankan. Pandangan itu mulai bergeser berkat munculnya restoran-restoran berlabel “sehat” dengan konsep kreatif. Banyak pihak memiliki andil atas terbentuknya stigma merugikan tersebut. Yang...


Sewa Tenda Pesta

1 Nov 2014

Amira-tent fokus bergerak di bidang penyewaan dan penjualan tenda, serta penyewaan berbagai perlengkapan pesta. Kepuasaan pelanggan menjadi perhatian utama kami. Adapun jenis-jenis tenda yang kami sewakan meliputi: Tenda dekorasi VVIP/VIP (ranting transparan, ketupat, rempel, serut), tenda pesta,...