PERENCANAAN KEUANGAN
23 Dec 2013

Kempeskan Dompet Anda

Ponsel dan laptop semakin tipis, dompet jangan semakin tebal.

Memiliki dompet tebal bukan lagi jaminan tebal pula uang yang disimpan di dalamnya. Kehidupan yang serba mengandalkan kartu plastik menjadi salah satu penyebab semakin menebalnya dompet.

Kartu kredit, ATM, kartu identitas seperti KTP dan SIM, kartu NPWP, serta kartu-kartu keanggotaan dari mulai rumah sakit, asuransi, dan membership ini itu, memadati dompet yang ukurannya tak seberapa besar.

Apalagi dengan aktivitas keuangan yang lebih banyak mengandalkan ATM dan kartu kredit, dompet seringkali lebih banyak diisi dengan struk ATM atau kartu kredit ketimbang uang tunai. Akibatnya, dompet terlihat seperti tempat sampah dengan struk ATM dan kartu kredit yang seiring berjalannya waktu berubah warna menjadi kuning dan lecek saking lamanya bertempat tinggal di dompet.

Belum lagi kalau Anda hobil menyimpan uang logam di dompet. Uang logam, membuat tak hanya dompet terlihat tebal, tapi juga membuat dompet rusak. Perhatikan bulatan-bulatan yang tercap di lapisan kulit dompet, sesuai dengan ukuran uang logam yang disimpan.

Menipiskan isi dompet, selain membuat penampilan dompet Anda lebih layak, juga membuat penampilan Anda jauh lebih pantas. Paling tidak, saat dompet dikeluarkan dari kantong atau tas, tidak lagi terdapat hal-hal yang memalukan. Bagaimana caranya? Simak tiga saran mengempeskan dompet Anda dari produsen dompet Bellroy berikut ini:

Pisahkan kartu. Pilih dua sampai tiga kartu yang sering Anda gunakan sehari-hari – biasanya KTP, kartu kredit dan dan ATM utama – dan letakkan di slot kartu utama pada dompet. Kartu-kartu lain yang jarang digunakan, atau baru sebulan sekali Anda gunakan, ditumpuk menjadi satu dan simpan secara bersamaan di salah satu bagian dompet. Dengan tidak meletakkan seluruh kartu pada slot kartu di dompet akan mengurangi bagian yang menebal karena lapisan kulit dompet menjepit satu kartu dengan yang lain, sebanyak kartu yang disimpan pada slot kartu. Coba saja, dan dijamin dompet Anda akan mengempes.

Abadikan struk. Jaman sudah modern, tidak perlu lagi menyimpan struk berpuluh-puluh lembar di dompet. Kalau Anda merasa struk tersebut penting, cukup abadikan dengan kamera ponsel atau gadget. Buat folder berdasarkan tahun dan bulan untuk menyimpan foto-foto struk. Anda bisa juga mengirmkan foto ke email pribadi, mengunduhnya, lalu menyimpan di laptop dengan sistem folder yang serupa, demi kenyamanan. Setelah melakukan itu, tahapan terberat harus Anda lakukan: buang struk dari dompet. Awalnya pasti sulit, namun lama kelamaan bakal lebih mudah. Dan yang terpenting, dompet terlihat langsing dan lebih cantik.

Singkirkan uang logam. Yup, singkirkan uang logam dari dompet. Berjanji pada diri sendiri, tak akan lagi pernah menyimpan uang logam di dompet. Alih-alih menyimpan di dompet, simpan di tas, kantong, mobil, atau berikan sebagai tip atau sedekah. (Antono Purnomo)




inspirasi

Saya tidak pernah mengatakan itu akan mudah, saya hanya mengatakan bahwa itu sepadan.

Mae West
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...