PERENCANAAN KEUANGAN
11 Sep 2015

Jangan Mau Miskin Gara-Gara Sakit!

Awas, kemampuan keuangan Anda bisa menurun lantaran sakit dan pensiun.

85% pasien dan keluarga di Indonesia mengalami kebangkrutan karena biaya perawatan penyakit kritis. Tak hanya itu. Karena sekitar 70% orang Indonesia menghadapi masalah keuangan di usia pensiun. Hal tersebut disampaikan oleh Lauren Sulistiawati, country business manager, Global Consumer Banking, Citi Indonesia, mengenai laporan Swiss Re 2015 Mortality Protection Gap Report tentang  kesenjangan perlindungan atau protection gap di 13 negara di seluruh Asia Pasifik.
 
“Tanpa adanya perubahan, tingkat protection gap di Indonesia akan mencapai 1,1 triliun dolar AS atau yang tertinggi di Asia Tenggara pada 2020,” ungkap Lauren. “Oleh karena itu, Citi bersama AIA akan berusaha menggandeng nasabah dan juga calon nasabah untuk mengatasi isu protection gap menggunakan solusi perencanaan yang kami tawarkan melalui berbagai produk yang kami miliki.”
 
Protection gap sendiri adalah selisih antara dana yang diperlukan, dengan dana yang tersedia bagi nasabah untuk dapat mempertahankan standar hidup mereka kala terjadi keadaan yang tidak diharapkan, khususnya ketika pencari nafkah utama keluarga tidak mampu bekerja lagi. Dan berdasarkan survei tersebut protection gap di Asia tumbuh semakin besar, di mana nilai kesenjangan itu meningkat dari 42 triliun dolar AS pada 2010, menjadi 58 triliun dolar AS pada 2014.
 
AIA memperkirakan bahwa kesenjangan akan terus bertumbuh dan meningkat sampai dengan 82 triliun dolar AS pada 2020. Secara spesifik, AIA memperkirakan bahwa angka kesenjangan akan meningkat hingga 763 miliar dolar AS di Hongkong, U570 miliar dolar AS di Singapura, 46 triliun dolar AS di Cina, 12 triliun dolar AS di India, U1,1 triliun dolar AS di Indonesia, 528 miliar dolar AS di Filipina, dan 1 triliun dolar AS di Thailand.
 
Protection gap yang semakin membesar itu menunjukkan besarnya keperluan masyarakat di wilayah tersebut akan penawaran tabungan dan perlindungan yang inovatif, menarik, dan bermanfaat. Itu sebabnya Citi meluncurkan kampanye bertema Have You Done Enough yang akan dimulai di enam pasar, yaitu Hongkong, Singapura, Cina, Indonesia, India dan Filipina.
 
Kampanye ini ditujukan untuk memudahkan dan menjelaskan risiko seputar asuransi, sekaligus mendorong nasabah untuk meninjau kembali kebutuhan asuransi mereka. Kampanye ini akan dilaksanakan di lebih dari 500 cabang Citi di wilayah tersebut dan melalui jaringan perbankan digital Citi di Asia.
 
"Hasil temuan itu membuktikan bahwa perhatian khusus dan langkah nyata sangat diperlukan untuk mengurangi kesenjangan perlindungan baik terhadap individu maupun keluarga, termasuk di Indonesia,” jelas Batara Sianturi, chief executive officer Citi Indonesia. “Citi sangat senang dapat bekerjasama dengan AIA dalam menandatangani perjanjian bancassurance terbesar di Asia sebagai bagian dari pemberian solusi terhadap masalah ini.”
 
“Sebagai grup perusahaan asuransi terkemuka di Asia, AIA memiliki komitmen dan fokus untuk membantu para nasabah dalam memenuhi kebutuhan perlindungan mereka. Kami akan mendedikasikan diri kami untuk mengatasi masalah ini dengan cara menambahkan investasi ke dalam kegiatan pendidikan nasabah dan melalui penyediaan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen yang semakin beragam, termasuk melalui kemitraan kami dengan Citi,” ujar Gordon.
 
 
Sementara itu Anand Selvakesari, head of Consumer Banking Citi Asia Pacific, menyatakan bahwa memanfaatkan asuransi untuk melindungi pendapatan dan gaya hidup di masa depan harus menjadi prioritas bagi nasabah di wilayah ini.
 
“Banyak yang harus diupayakan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan asuransi kepada masyarakat umum. Ini merupakan prioritas Citi di Asia dan melalui kemitraan dengan AIA, kami percaya bahwa kami dapat memberikan  solusi kepada nasabah sesuai dengan apa yang mereka butuhkan untuk melindungi diri mereka dan orang tercinta di masa depan,” ujar Anand. (Antono Purnomo)
 
 



inspirasi

Kesuksesan adalah guru yang buruk. Ia menggoda orang-orang pintar untuk berpikir bahwa mereka tidak bisa kalah.

Bill Gates
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...