PERENCANAAN KEUANGAN
19 Jan 2015

Hore! Pengetahuan Keuangan Indonesia Meningkat!

Kabar baik bagi praktik pengelolaan keuangan masyarakat Indonesia.

Ternyata, pemahaman keuangan masyarakat Indonesia adalah yang tertinggi dibanding sejumlah negara di Asia Pasifik dan Australia.

Di kawasan Asia Tenggara, pemahaman keuangan masyarakat Indonesia berada di posisi pertama dengan 62,4 poin, di banding negara tetangga Singapura (59,9 poin), dan Filipina (56,1 poin). Di luar Asia Tenggara, tingkat pemahaman keuangan masyarakat Indonesia juga mengalahkan Australia (55,6 poin) dan Taiwan (52,1 poin).

Hal tersebut merupakan hasil dari survei Citi FinQ yang diselenggarakan secara konsisten oleh Citigroup Asia Pacific sejak 2007. “Financial quotient atau FinQ adalah istilah yang digunakan Citigroup untuk menunjukkan kemampuan seseorang dalam memahami pentingnya perencanaan keuangan dan pengimplementasian tata kelola keuangan yang baik,” ungkap Ivan Jaya, senior vice president, head of Wealth Management, Citibank N.A Indonesia.

Dibandingkan tahun sebelumnya, secara umum nilai Citi FinQ 2014 dari seluruh negara yang disurvei mengalami peningkatan. Negara yang mengalami peningkatan nilai FinQ paling besar adalah Australia yakni 3,4 poin dari 52,2 poin yang diraih pada 2013. Sedangkan negara yang mengalami kenaikan paling kecil adalah Singapura, yakni sebesar 0,9 poin dari 59,0 poin yang diraih tahun lalu. Indonesia sendiri mengalami kenaikan sebesar 1,7 poin dibandingkan tahun sebelumnya.
 
Salah satu indikator Citi FinQ yang meningkat secara tajam dibandingkan dengan 2013 lalu adalah pemahaman mengenai investasi dan hal terkait. Survei tahun ini menunjukan bahwa 22% responden menyatakan memiliki pemahaman investasi sangat baik, naik 15% dari 7% responden di tahun 2013 yang menyatakan hal serupa. Indikator lain yang juga diperhitungkan dalam pembentukan nilai FinQ adalah optimisme responden terhadap kondisi keuangan mereka di masa depan. Walapun terjadi sedikit penurunan (2%) dari tahun 2013, survei menunjukkan bahwa sebagian besar (87%) responden Indonesia masih memiliki optimisme yang cukup tinggi terhadap kondisi keuangan mereka di masa depan.  
 
Citi FinQ 2014 juga melaporkan adanya pergerakan dalam susunan instrumen investasi paling populer. Kalau pada 2013 properti menjadi instrumen investasi paling populer, diikuti oleh dana tunai dan asuransi, tahun ini, dana tunai mengambil alih posisi puncak sebagai instrumen investasi pilihan, diikuti oleh asuransi di posisi ke-2 dan properti di posisi ke-3. Hal menarik lain adalah intrumen investasi reksa dana yang baru pertama kali diperkenalkan sebagai pilihan jawaban di dalam survei 2014, ternyata langsung menduduki posisi ke-4 dalam urutan instrumen investasi pilihan.
 
“Banyak hal yang bisa dipelajari dari hasil survei Citi FinQ yang secara konsisten kami laksanakan setiap tahunnya,” ungkap Ivan. “Selain memberikan informasi mendalam terkait perkembangan tingkat pengetahuan keuangan masyarakat, Citi FinQ juga dapat membantu Citi untuk mempertajam produk dan layanan guna membantu nasabah dalam mencapai tujuan keuangan mereka secara lebih efisien dan strategis.”



inspirasi

Banyak orang takut mengatakan apa yang mereka inginkan. Karena itulah mereka tidak pernah mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Madonna, penyanyi
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...