PERENCANAAN KEUANGAN
10 Aug 2015

Cek 4 Hal Sebelum Berhemat

Jangan asal berhemat kalau tidak mau keuangan kiamat.

FOTO: CEKAJA.COM/SHUTTERSTOCK

Secara teori, berhemat itu mudah dilakukan. Cukup bagi uang yang Anda punya, tahan godaan belanja, kemudian tabung. Sayangnya, lain teori, lain pula kenyataan. Karena hingga kini banyak orang yang mengakui bahwa berhemat itu sulit.
 
Sebetulnya, agar rencana penghematan Anda bisa berjalan dengan lancar dan sukses, ada empat hal yang mesti Anda lakukan sebelumnya. Ke empat hal ini, lah, yang bakalan membuat Anda memiliki komitmen kuat terhadap penghematan itu sendiri. Apa saja? Ini dia:
 
Prioritaskan melunasi utang
Semua orang setuju bahwa utang adalah kewajiban yang harus dibayar. Berapa pun lamanya Anda menunda, utang akan tetap ada. Terlebih utang yang dimiliki adalah utang kartu kredit. Jika tidak punya strategi bebas jeratan utang kartu kredit, utang bisa terus bertambah karena miliki bunga. Dan pada akhirnya jumlah utang tersebut sangat mencekik leher.
 
Karena itu, rencana penghematan tidak bisa lepas dengan penyelesaian utang sebagai langkah pertama. Resolusi penyelesaian utang ini bukan hanya komitmen untuk membayar, namun tetapkan jumlah spesifik yang harus Anda bayar. Caranya, coba tetapkan jumlah atau persentase dari penghasilan Anda untuk tujuan ini. Apakah 30%? 40%?
 
Setelah Anda menetapkan jumlah spesifik, selanjutnya adalah memiliki komitmen untuk tidak menambah utang baru sebelum melunasi utang yang dimiliki saat ini. 
 
Alokasi harus jelas
Dalam rencana berhemat, yang terpenting adalah memiliki cara mengalokasikan anggaran dengan jelas. Maksudnya, Anda memiliki pos-pos anggaran untuk  pengeluaran, seperti tagihan rutin, cicilan, dan kebutuhan sehari-hari, dan untuk pemasukan, seperti tabungan dan investasi.
 
Contohnya, anggaran untuk menabung. Tetapkan jumlah yang harus ditabung setiap bulannya. Bila dalam rencana berhemat alokasinya adalah 30 persen dari total penghasilan setiap bulan, maka jangan ragu lakukan itu. Kalau Anda berkomitmen dan konsisten, maka uang yang dihemat dan ditabung akan benar-benar terkumpul dan terlihat hasilnya di akhir tahun.
 
Hitung jumlah yang bisa dihemat
Rencana berhemat tentu tidak bisa dilakukan bila belum mengetahui jenis pengeluaran apa yang bisa Anda hemat? Kemudian, yang paling penting adalah, ‘berapa uang yang bisa dihemat?’ Jawaban pertanyaan tersebut bisa menjadi tolak ukur dan melihat apakah penghematan yang Anda lakukan bisa memenuhi tujuan.
 
Caranya, cek lagi pengeluaran yang Anda miliki. Identifikasi pengeluaran yang melebihi anggaran, dan pikirkan cara khusus untuk memotong pengeluaran tersebut. Tanyakan, ‘apakah setiap bulan Anda selalu berbelanja berlebihan hingga bahan makanan banyak yang tersisa dan busuk di kulkas?’ Atau, ‘bagaimana dengan transportasi Anda ke kantor atau tempat kerja, apakah lebih murah dengan mobil pribadi, kendaraan umum, atau naik sepeda motor?’ Selanjutnya identifikasi dan hitung jumlah yang bisa dihemat.
 
Jangan cuma simpan uang di bawah bantal
Hemat bukan artinya sekadar mengumpulkan uang, kemudian membiarkannya mengendap atau tersimpan begitu saja di bawah bantal. Sebab, tentunya Anda ingin uang itu bisa berkembang di masa depan. Satu caranya adalah dengan menciptakan investasi dari uang tersebut.
 
Jika masih takut dengan risiko investasi, kenapa tidak memulainya dengan investasi pasif? Misalnya membeli emas atau membeli properti. Ketika membeli properti, jika tidak mampu secara tunai, mengapa tidak daftar kredit pemilikan rumah (KPR). Investasi pasif juga memiliki kelebihan tidak perlu khawatir akan perputaran pasar.
 
(Sumber: CekAja.com; Editor: Antono Purnomo)
 



inspirasi

Butuh semenit untuk mengucapkan halo dan butuh selamanya untuk mengucapkan selamat tinggal.

Anurag Gupta
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...