PERENCANAAN KEUANGAN
31 Jul 2015

Cara Jitu Atasi Tumpukan Utang Kartu Kredit

Berbelanja pakai kartu kredit memang praktis. Tetapi hati-hati bila kurang disiplin.

FOTO: CEKAJA.COM/SHUTTERSTOCK
 
Kartu kredit memang memudahkan segala jenis pembayaran. Tak hanya karena Anda tidak perlu membawa uang tunai yang tebal di dompet, melainkan juga karena kartu kredit saat ini lazim menawarkan fasilitas tambahan seperti diskon, promo cicilan 0%, reward, dan berbagai keuntungan lain.
 
Sayangnya, karena tidak bijaksana dalam menggunakan kartu kredit, banyak orang yang akhirnya terjebak dalam kubangan utang kartu kredit yang bunganya sangat besar dan mencekik leher. Semakin parah karena walau ada aturan pembatasan kepemilikan kartu kredit, hingga saat ini tidak jarang yang masih memiliki lebih dari lima kartu kredit dan semuanya aktif digunakan. Akhirnya, satu per satu tagihan datang dan menumpuk.
 
Padahal, dengan cara yang bijak Anda bisa, lho, memaksimalkan dan menggunakan keuntungan kartu kredit agar bisa lebih hemat, sesuai dengan berbagai fasilitas tambahan yang ditawarkan kartu kredit, namun tidak bakal Anda dapatkan kalau membayar secara tunai.
 
Nah, jika Anda adalah salah satu orang yang sudah terlanjur terlilit tumpukan utang kartu kredit, berikut adalah langkah yang bisa dilakukan:
 
Rencanakan keuangan. Faktor utama yang menyebabkan penggunaan kartu kredit berlebihan adalah tidak adanya perencanaan keuangan. Hitung tagihan yang Anda miliki saat ini, kemudian buat pemulihan perencanaan keuangan saat tagihan kartu kredit menumpuk. Hal terpenting, perketat alokasi pengeluaran dalam rencana yang dibuat. Dengan begitu pengeluaran Anda akan dilakukan dengan lebih baik.  

Buat komitmen pelunasan. Percuma melakukan segala hal tanpa memiliki komitmen untuk lakukan pelunasan utang. Karena itu, langkah selanjutnya adalah membuat komitmen untuk menyicil tagihan yang sudah ada. Klasifikasikan tagihan mulai dari yang nominalnya terkecil hingga yang paling besar.

Lunasi tagihan yang terkecil dahulu. Sebab, bila Anda tidak melakukannya, maka rata-rata tagihan akan menumpuk dan semakin membesar karena bunga kartu kredit yang terus bertambah. Walaupun, ada kartu kredit yang miliki bunga rendah dan banyak diskon.

Buat negoisasi. Mungkin Anda tidak bisa membayar sekaligus tagihan-tagihan yang ada. Sebab itu, cobalah untuk bernegoisasi dengan menghubungi bank penerbit kartu kredit. Biasanya, bank memiliki fasilitas untuk membayar sisa tagihan tanpa dikenakan bunga. Atau lebih baik lagi, Anda bisa menyicilnya dengan jangka waktu yang bisa dipilih. Fasilitas ini biasanya akan mengunci kartu kredit sehingga tidak dapat digunakan hingga tagihan selesai.
 (Sumber: CekAja.com; Editor Antono Purnomo)



inspirasi

Keberanian bukanlah kealpaan dari rasa takut, tapi hasil penilaian di mana sesuatu menjadi lebih penting ketimbang rasa takut.

Ambrose Redmoon
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...