PERENCANAAN KEUANGAN
21 Jul 2015

Anti Bokek Setelah Lebaran

Saat Lebaran rekening Anda menggendut karena Tunjangan Hari Raya (THR). Sayangnya, beberapa orang malah bokek setelah Lebaran.

 FOTO: CEKAJA.COM/SHUTTERSTOCK
 
Mudik, silaturahmi ke sanak keluarga, liburan, bagi-bagi uang ‘salam tempel’, serta kegiatan lainnya, sudah menjadi tradisi yang kerap dilakukan saat Lebaran. Tidak heran bila pengeluaran uang untuk segala kegiatan tersebut akhirnya menguras kantong.
 
Kondisi itu diperburuk lagi gaji yang diterima di bulan saat Lebaran tiba juga ikut-ikutan terkuras. Bahkan, beberapa orang ada memaksakan untuk menguras tabungan atau menyisakan utang karena berlebihan dalam memakai kartu kredit demi berbelanja di saat Lebaran.
 
Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk menyikapi hal tersebut? Apakah ada cara untuk mengatur keuangan yang tepat, hingga kejadian bokek setelah Lebaran tidak terjadi lagi di tahun depan. Simak jawabannya.
 
Tentukan rencana lebih awal. Setelah dapat uang THR, barulah Anda mengatur alokasi segala pengeluaran untuk kebutuhan Lebaran. Apakah harus selalu begitu? Bagaimana dengan kebutuhan keuangan yang harus dipenuhi jauh-jauh hari sebelum Lebaran tiba? Misalnya pengeluaran untuk membeli tiket transportasi mudik. Agar lebih hemat, bukankah Anda bisa membelinya sebelum Ramadhan tiba, atau bahkan tiga bulan sebelum Lebaran tiba? Di sinilah pentingnya perencanaan keuangan yang wajib dilakukan dan dimiliki sedini mungkin.
 
Caranya, buatlah catatan. Mulailah hitung semua pengeluaran yang telah dilakukan di tahun ini, dan jadikan acuan untuk perencanaan keuangan Lebaran di tahun depan. Masukkan dalam perencanaan keuangan tahunan.
 
Maksimal Anda harus memiliki rencana ini tiga bulan sebelum Ramadhan tiba. Dari alokasi penyisihan 20% sampai 30% anggaran bulanan untuk tabungan, alokasikan sekitar 3% sampai 5% untuk kebutuhan Lebaran.  
 
Tentukan yang dapat dihemat. Alat transportasi apa yang akan Anda gunakan untuk mudik nanti? Lokasi wisata apa yang akan dijadikan sebagai tempat liburan keluarga? Apakah butuh dana untuk renovasi rumah lagi di tahun depan? Dan pertanyaan lainnnya.
 
Segala kebutuhan itu memang masih asumsi dan prediksi untuk perencanaan keuangan Lebaran di tahun depan, namun dengan membuat segala kemungkinannya, maka Anda bisa lebih berhemat.
 
Misalnya untuk transportasi yang akan digunakan untuk rencana mudik Lebaran, apakah dengan mobil pribadi, sewa mobil, atau moda transportasi umum. Masing-masing pilihan transportasi itu miliki pengeluaran yang berbeda. Ketika Anda sudah menentukannya, maka langkah hemat pun bisa dilakukan. Bisa saja Anda mesti mengajukan dan memilih kredit kendaraan baru dengan bunga yang murah, atau membeli tiket mudik dengan kartu kredit yang tepat dan berikan diskon.
 
Tentukan cara untuk tambahan bujet. Bila sudah membuat catatan dan perencanaan keuangan untuk Lebaran tahun depan, tugas selanjutnya adalah menentukan bagaimana caranya mengumpulkan uang. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk tujuan ini, mulai dari menabung, memiliki langkah jitu untuk memulai investasi, atau merencanakan bisnis.
 
Agar berhasil, segala cara tersebut butuh komitmen dan konsistensi dari Anda. Misalnya menabung, bila Anda bisa melakukannya secara konsisten dari sekarang, maka pengeluaran Anda akan bisa terbantu dengan tabungan khusus untuk Lebaran tahun depan. (Sumber: CekAja.com; Editor: Antono Purnomo)
 
 
 



inspirasi

Hanya pikiran yang sangat lemah yang menolak untuk terpengaruh oleh literatur dan puisi.

Cassandra Clare
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...