PERENCANAAN KEUANGAN
17 Jul 2013

5 Kesalahan Karyawan Saat Lebaran

Simak ini agar tak terulang lagi setiap tahun.

Usai hari raya Lebaran, hampir sebagian besar orang mengeluh kehabisan uang. Mereka kemudian melakukan penghematan gila-gilaan, dan minimal dua bulan setelahnya baru kondisi berangsur normal.

Dan keadaan tersebut terjadi terus-menerus, berulang dari tahun ke tahun, seolah-olah memang sudah menjadi kewajaran untuk bangkrut seusai merayakan hari kemenangan. Bahkan mungkin ada yang beranggapan kalau tidak bangkrut, maka Lebaran kurang afdal.

Padahal tidak demikian tentunya. Seharusnya semua berjalan normal, seperti bulan-bulan lain. Lebaran seharusnya dirayakan dengan khidmat, dan penuh perhitungan. Apalagi saat Lebaran para karyawan memperoleh THR alias Tunjangan Hari Raya, yang jumlahnya minimal satu bulan gaji. Artinya, ada ruang bagi karyawan untuk berbuat sesuatu.

Jadi, apa yang salah? Coba simak lima kesalahan yang sering dilakukan para karyawan saat Lebaran.

  1. Tidak punya persiapan. Bulan Ramadan dan Lebaran pasti terjadi setiap tahun. Layaknya rencana berlibur, Ramadan dan lebaran juga seharusnya direncanakan dengan saksama. Buat tabungan khusus untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Lebaran, misalnya dengan membuat tabungan berjangka, atau malah menginvestasikan uang setiap bulan untuk keperluan ini. Atau, bagi uang Anda menjadi tiga pos: Ramadan, Lebaran, pasca Lebaran.
  2. Tidak pernah menghitung. Berapa bujet yang Anda persiapkan selama bulan Ramadan dan Lebaran? Pasti Anda sulit menjawab. Karena kebanyakan orang hanya sibuk mempersiapkan bujet untuk kegiatan mudik, tidak demikian halnya dengan bujet yang lain. 
  3. Tidak pernah menyimpan THR. Mengapa Anda tidak bisa menyisihkan THR untuk ditabung? Karena dua hal di atas: tidak punya persiapan dan tidak pernah menghitung. Seyogyanya dari dana THR yang diterima, Anda bisa menyisihkan antara 20-30 persennya untuk disimpan. Ke mana menyimpan dana sisihan itu? Bisa Anda masukkan ke tabungan khusus untuk Ramadan dan Lebaran tahun depan, bukan? Atau Anda jadikan sebagai modal awal berinvestasi, misalnya via reksadana.
  4. Tidak menanamkan nilai-nilai yang luhur soal Ramadan dan Lebaran. Bagi sebagian besar masyarakat, Lebaran selalu identik dengan segala sesuatu yang serba baru. Baju baru, celana baru, sepatu baru, perabotan rumah tangga baru dan sebagainya. Padahal nilai-nilai penting dari Ramadan dan Lebaran bukanlah itu, dan Anda tidak perlu memaksakan diri. Dengan demikian kesadaran Anda dan keluarga sadar akan nilai-nilai sesungguhnya dari Ramadan dan Lebaran pada akhirnya menumbuhkan sikap berhemat. Bukankah Tuhan tidak menyukai bila kita bersikap boros? Jadi, sikapi seperlunya, jangan paksakan diri.
  5. Tidak pernah menyimpan bonus. Anda pasti bertanya-tanya, apa hubungannya bonus dengan Ramadan dan Lebaran? Sangat erat. Jika Anda ingin mengurangi beban keuangan dan memperlancar arus kas, rangkaian pendapatan Anda dalam setahun merupakan dasar bersikap dalam menghadapi acara-acara penting dalam kehidupan Anda, seperti Ramadan dan Lebaran. Jika Anda mengambil pendekatan yang memandang ini secara keseluruhan – bukan sebagian atau per kegiatan – maka hal itu akan lebih mudah diolah. Istilahnya, ringan sama dijinjing, berat sama dipikul: beban keuangan yang berat saat Ramadan dan Lebaran, dipikul bersama dengan pendapatan-pendapatan tetap dan tambahan Anda selama setahun.





inspirasi

Seseorang yang bijak akan menciptakan lebih banyak peluang ketimbang menemukannya.

Francis Bacon
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...