NUTRISI
26 Aug 2015

Mengatasi Perut Buncit Dalam Seminggu

Ikuti pola makan berikut agar buncit hilang dalam seminggu.

Perut buncit dapat disebabkan oleh tumpukan lemak berlebih, postur tubuh yang salah serta akibat kembung.  Untuk mengatasi perut buncit akibat tumpukan lemak dan kembung bisa dilakukan dengan melakukan olahraga teratur dan mengatur pola makan serta memilih makanan yang tepat.

Ikuti tip pemilihan pola makan berikut;

Segera kurangi;
Sodium. Sodium membuat tubuh menahan air sehingga tampak lebih gemuk, termasuk bagian perut. Sebagian besar dari kita mengonsumsi dua kali lipat sodium (3.400 mg) dari yang dianjurkan setiap hari (1.500 mg).

Berhenti menambah garam pada makanan saat di meja makan. Periksa kadar sodium pada label makanan kemasan, yang biasanya menyajikan sekitar tiga-perempat dari asupan harian yang dianjurkan bagi wanita.

Permen dan soda. Ketika udara masuk ke dalam pencernaan , Anda akan merasakan perut penuh gas dan buncit. Makan atau minum dengan cepat, minum melalui sedotan, mengulum permen, dan mengunyah permen karet dapat membuat Anda menelan udara. "Ketika makan, kunyah perlahan dengan mulut tertutup," kata Bonci. Tukar minuman bersoda dengan jus atau air putih dan batasi konsumsi permen karet dan permen."

Jangan ragu untuk menambah:
Dua jenis serat. Sembelit dapat membuat perut nampak buncit. Salah satu cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan sarapan sereal gandum utuh untuk menjamin kecukupan serat bagi tubuh Anda.

Berdasarkan studi University of Toronto, disebutkan bahwa mengonsumsi dua jenis serat sekaligus adalah yang paling efektif mengusir kembung karena sembelit. “Serat tak larut air dan serat larut air (seperti gel) bekerjasama menarik air ke dalam usus besar dan mempercepat pengeluarannya,” jelas Joanne Slavin, PhD, seorang profesor ilmu makanan dan nutrisi di University of Minnesota.

Hasilnya? Anda terlihat dan merasa lebih ringan.

Potasium (kalium). Makanan seperti pisang dan kentang membantu tubuh Anda menyingkirkan kelebihan air di dalam tubuh. Artinya, membuat perut tampak lebih kecil. Cairan ekstra biasanya ada karena ketidaksembangan dua mineral utama yang mengontrol jumlah air dalam tubuh: potasium dan sodium. Saat sodium terlalu tinggi, tubuh menahan air.

Anda dapat mengembalikan keseimbangan elektrolit dengan meningkatkan asupan potasium maksimal 4.700mg per hari. Selain itu, hindari penggunaan suplemen kalium untuk meningkatkan asupan kalium Anda karena metode tersebut dapat memicu timbulnya irama jantung yang abnormal dan bahkan menyebabkan serangan jantung, terutama pada orang dengan masalah ginjal atau jantung.

Contoh menu tinggi kalium yang dapat Anda coba antara lain 1 kentang panggang medium dengan kulitnya, 1 pisang ukuran sedang, 1 pepaya ukuran sedang, ½ cangkir edamame kukus, saus tomat ½ cangkir, ½ cangkir bayam rebus, 1 jeruk ukuran sedang.

Yogurt probiotik. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Alimentary Pharmacology and Therapeuticsi journal mengungkapkan bahwa ketidakseimbangan bakteri dalam usus  dapat memperlambat sistem pencernaan sehingga perut tampak buncit. Yogurt probiotik yang mengandung bakteri hidup dapat membantu mengatasinya. Meskipun peneliti belum sepenuhnya memahami mekanismenya, sebuah studi dalam Journal of American Dietetic Association menemukan bahwa bakteri baik pada yogurt probiotik dapat meningkatkan mobilitas usus sehingga  sembelit pun hilang.

Cobalah konsumsi empat ons yogurt rendah atau tanpa lemak dan gula yang mengandung probiotik

Atur porsi asupan serat
Buah-buahan dan sayuran segar memang sehat, tapi jenis pangan tsb seringkali bervolume tinggi dan berpotensi menyebabkan perut terlihat membesar. Hindari konsumsi 1 porsi besar sekaligus, melainkan bagilah porsi makan  Anda secara merata pada pagi, siang dan malam.  Jumlah  yang direkomendasikan adalah 4½ cangkir sehari. (Sumber: MeetDoctor/Ditinjau oleh dr. Nina Amelia Gunawan)



 



inspirasi

Hitunglah berkah-berkah yang sudah kau terima, bukan kekhawatiran-kekhawatiranmu.

Alexandra Monir
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...