NUTRISI
23 Jan 2013

Sehat dengan Makanan Low GI

Sempurnakan santapan dengan memperhatikan glycemic index.

Pola makan sehat dan seimbang memang merupakan kunci dalam menjaga kondisi tubuh, terutama bagi penyandang diabetes (diabetisi) atau kelompok orang dengan risiko menyandang penyakit diabetes (pra-diabetisi). Tetapi sayang, masih banyak orang belum mengerti benar kandungan makanan yang mereka asup, terutama terkait glycemic index (indeks glikemi atau disingkat GI). 

GI adalah nilai dalam skala 0–100 yang menunjukkan seberapa cepat suatu makanan/minuman menaikkan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Ia terbagi menjadi tiga kelas, yaitu rendah, menengah dan tinggi. Sebuah makanan dikatakan memiliki GI rendah (low GI), jika bernilai di bawah 55. Sementara, makanan dengan GI 56-69 masuk kategori menengah, dan di atas itu termasuk tinggi.

Makanan dengan low GI adalah yang terbaik untuk tubuh. Hal itu karena makanan akan lebih lama dicerna oleh tubuh, dan gula yang dihasilkan dilepas secara perlahan ke dalam darah. Dampaknya, peningkatan kadar gula darah terjadi secara perlahan dan relatif lebih stabil. Plus, kita akan merasa kenyang lebih lama sehingga turut memungkinkan kita menjaga pola makan. 

Salah satu contoh bahan makanan dengan low GI adalah kedelai. Kedelai memiliki indeks glikemi 18, dan, selain keunggulan tersebut, ia juga diperkaya manfaat lain, seperti tinggi protein, vitamin E, nutrisi dan serat, yang dapat memperbaiki metabolisme lemak, menurunkan kolesterol jahat, hingga berfungsi sebagai antioksidan. 

Kedelai juga menonjol terkait penyakit diabetes, di mana isoflavon dan serat pangan yang terkandung di dalamnya dapat membantu memperbaiki resistensi insulin dan menjaga kestabilan kadar gula darah. Ia bermanfaat bagi penyandang diabetes tipe II, dan secara umum dapat menurunkan risiko terkena diabetes. 

Saat ini, banyak cara mudah menikmati kedelai, salah satunya lewat makanan ringan, seperti SOYJOY. SOYJOY terbuat dari tepung kedelai utuh dan buah-buahan asli, tanpa pemanis buatan. Selain itu, ia diolah melalui proses oven-baked untuk mempertahankan rasa dan kandungan nutrisi alami.

Selain kedelai, terdapat pula beberapa jenis makanan lain dengan low GI. Antara lain, kacang-kacangan, buah ceri, pir, pisang, tomat, wortel, hingga jagung manis. Tabel yang ada di artikel ini memaparkan kandungan GI makanan yang kerap Anda temui sehari-hari.

Dengan memadukan berbagai jenis makanan sehat – dan memerhatikan kandungan GI yang Anda asup, maka Anda dapat menyempurnakan pola makan sehari-hari, dan tentu saja, menjaga kondisi tubuh dengan lebih baik. Selamat mencoba!







inspirasi

Faktanya adalah Anda tak pernah tahu apa yang akan terjadi esok.

Eminem, penyanyi
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...