NUTRISI
19 Sep 2015

Salah Kaprah tentang Diet Alkaline

Banyak yang mengira ini diet terbaik untuk memiliki tubuh langsing.

Diet alkaline adalah salah satu dari sekian banyak jenis diet yang populer di kalangan selebritas Hollywood. Beyoncé, Victoria Beckham, Jennifer Aniston dan Kelly Ripa adalah nama-nama pesohor yang mengaku menjadi langsing karena diet alkaline. Bahkan dikatakan, diet alkaline dapat mencegah kanker.

Menurut Katherine Brooking, pakar diet dari Columbia University, pendukung diet alkaline mengatakan bahwa ketika tubuh kita kelebihan protein, gula, kafein dan makanan yang diproses, tingkat pH akan terlempar keluar jalur sehingga tubuh kita menjadi lebih asam. Hasilnya, penambahan berat badan dan terkena berbagai penyakit.

Penangkalnya? Makan sayuran segar, buah segar dan makanan bersifat basa lainnya seperti produk kedelai, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Makanan bersifat asam yang meliputi daging, ikan, unggas, produk susu, makanan olahan, gula putih, tepung putih, dan kafein, tidak dianjurkan.

Ide makan dengan cara tertentu untuk mencapai tingkat pH yang ideal telah ada selama bertahun-tahun, jadi tidak ada yang baru atau inovatif dari diet alkaline. Ada kelemahan dari teori mereka:

Tubuh kita menjaga keseimbangan pH  terlepas dari apa yang kita makan! Tubuh memiliki beberapa mekanisme untuk memastikan bahwa tingkat pH tetap terkendali pada tingkatan tertentu. Sebagai contoh, lambung memiliki pH berkisar 1,35-3,5.  Organ pencernaan memang harus asam untuk membantu pencernaan. Darah kita harus selalu sedikit basa, dengan pH 7,35-7,45.

Meskipun demikian, banyak dari mereka bersikeras menguji pH urine beberapa kali dalam sehari untuk memastikan bahwa tubuh mereka tidak terlalu asam. Hal itu membuang-buang waktu dan uang. Sementara diet dan proses metabolisme lain dapat memengaruhi tingkat pH urine Anda, apa yang Anda makan tidak menentukan tingkat pH darah Anda. Lagipula, pH urine Anda tidak memengaruhi penurunan berat badan. Juga tidak ada korelasi antara risiko kanker dengan pH.

Adakah manfaat kesehatan dari diet alkaline?
Diet alkaline adalah diet yang bertumpu pada makanan nabati dan mengeliminasi gula sehingga dapat membantu kesehatan Anda, meskipun bukan karena teori pH-nya. Orang yang menerapkan pola makan seimbang dan vegetaria cenderung memiliki risiko penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi dan diabetes yang lebih rendah. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa diet vegetarian dapat menurunkan beberapa jenis kanker. Namun belum jelas apakah tingkat risiko kanker yang lebih rendah ini karena diet saja, atau ada pengaruh faktor gaya hidup lain yang sering berjalan bersama-sama dengan pola makan nabati (seperti tidak merokok).

Mengenai berat badan, diet kaya biji-bijian, buah-buahah, sayuran, dan sedikit atau tidak mengonsumsi makanan olahan dapat menjadi cara yang baik tetap langsing. Namun Anda masih perlu untuk memerhatikan porsi makan, asupan total kalori dan berolahraga secara teratur. Victoria, Beyonce, Kelly dan Jennifer terlihat lebih cantik dan bugar dari sebelumnya, itu bukan karena teori alkaline mereka saja, tetapi juga karena pola hidup sehat lain yang mereka terapkan. (Sumber: Meet Doctor/Ditinjau oleh dr. Rahajeng A.P)
 
 



inspirasi

Apa jadinya hidup ini jika kita tak memiliki keberanian untuk mencoba segala sesuatu?

Vincent van Gogh, seniman
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...