NUTRISI
1 Jul 2015

Asupan Nutrisi Saat Puasa Setelah Sakit

Jangan sampai gagal berpuasa karena sakit, atau memaksakan puasa dalam kondisi tubuh tidak memungkinkan.

Saat Ramadan tiba, setiap umat Muslim pasti ingin menjalankan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya. Namun bagi mereka yang pernah sakit, atau punya riwayat sakit, tentu memerlukan penanganan khusus, agar dapat berpuasa. Untuk itu, sangat penting mengetahui asupan makanan yang dianjurkan dan cara pengolahannya yang tepat.

Menurut Sandy Hantono, underwriting doctor Sequis, dalam diskusi interaktif dengan tema “Kiat Berpuasa Pasca Sakit”, beberapa waktu lalu di Jakarta, dalam berpuasa, batasannya bukan sehat dan tidak sehat, tetapi mampu laksana atau tidak. Seseorang pasca sakit masih bisa berpuasa, asalkan memerhatikan asupan kalori saat sahur dan berbuka, serta mencukupi kebutuhan cairan sesuai anjuran dokter. Selain itu, istirahat juga diperlukan, namun tidak boleh berlebihan, tetap berolahraga ringan selama berpuasa untuk menjaga kebugaran, serta mengonsumsi obat secara teratur dan mematuhi pengobatan yang dijalani.

“Untuk mereka yang baru sembuh dari sakit atau mempunyai riwayat sakit, namun ingin berpuasa, maka perlu memerhatikan apakah mereka sedang dalam pengobatan intensif atau dalam keadaan penyakit kronis. Jika dalam kondisi itu tetap memaksakan puasa, maka dapat memperburuk kondisi sakit mereka, atau memperlama masa penyembuhan,” tutur Sandy.

Meski demikian, Sandy mengatakan, puasa dapat menjadi pelajaran bagi kita untuk menyusun kembali menu yang salah di luar bulan puasa, dan bagaimana seharusnya mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, yang dibutuhkan tubuh dalam keadaan dasar/basal. “Bila kita benar menyiasati apa yang kita makan seimbang dengan apa yang kita lakukan, berarti kita telah benar memberikan tubuh kita asupan yang benar. Jika kita masih merasakan keluhan sakit selama puasa setelah kita melakukan nutrisi yang tepat, berarti ada faktor lain yang menimbulkan keluhan kesehatan, seperti faktor lingkungan ataupun infeksi,” ujarnya.

Untuk itu, Rita Ramayulis, DCN, M. Kes., praktisi gizi klinik dan olahraga, menyarankan agar  menghindari protein hewani saat berbuka puasa karena mengandung asam lemak rantai panjang, sehingga sulit dicerna oleh tubuh. Camilan dari beras ketan juga sebaiknya dihindari karena memiliki serat larut air yang rendah. Selain itu, hindari pula ubi, singkong, nangka muda, durian, soda, tapai (mengandung gas), serta makanan yang merangsang lain, seperti yang terlalu manis (dodol), terlalu asin maupun terlalu asam. Sementara untuk minuman, kurangi kopi dan teh kental yang mengandung kafein, yang dapat merangsang asam lambung dan bersifat diuretik.
 
Untuk mengembalikan kadar glukosa darah menjadi normal setelah 13 jam tubuh tidak mendapat asupan makanan, konsumsi karbohidrat sederhana yang terdapat pada gula pasir, gula merah, gula aren, sirup, madu, kurma dan buah-buahan, yang dapat mengembalikan kadar glukosa darah dengan cepat. Namun bagi pengidap diabetes, sesuaikan jumlah glukosa yang dikonsumsi itu dengan kemampuan tubuh untuk mengolahnya.
 
“Pengidap diabetes tentu saja akan kesulitan mengubah glukosa dari karbohidrat sederhana, jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar atau dengan indeks glikemik yang tinggi. Hal itu disebabkan hormon insulin pada pengidap diabetes sebagian telah resisten. Oleh karena itu, penambahan gula pada minuman maksimal 10%, dikonsumsi bersama dengan makanan berserat, misalnya kolak pisang dan ubi, atau jus buah tanpa disaring,” ujar Rita.
 
Untuk makanan utama, riwayat penyakit yang Anda miliki akan memengaruhi jumlah dan jenis makanan yang sebaiknya Anda santap saat sahur maupun berbuka puasa.

Hipertensi. Batasi jumlah makanan asin, dan perbanyak  makanan sumber kalium, seperti kentang, apel, pisang, belimbing. Untuk meningkatan citarasa makanan, Anda dapat menambahkan bumbu  lain yang lebih banyak, seperti daun-daunan, kunyit, jahe, lengkuas, bawang.
Asam urat. Hindari jeroan dan daging, kemudian setelah makanan utama, konsumsi sari buah yang mengandung asam sitrat, seperti sari jeruk.
Dislipidemia (gangguan pada darah yang mengalami kelebihan lipid/lemak). Batasi konsumsi makanan hewani, makanan yang digoreng dan yang disantan kental.
Diabetes. Perhatikan sayur yang akan dikonsumsi, haruslah yang tidak mengandung energi, hanya serat dan nutrisi mikro, yang dibutuhkan untuk menurunkan indeks glikemik makanan (menurunkan respons insulin terhadap makanan), seperti tomat, mentimun, selada, lobak, oyong.

Selain itu, perhatikan pula pengolahan makanan yang Anda konsumsi. Lakukan kombinasi antara pengolahan tanpa minyak (kukus, rebus) dan dengan  minyak sedikit (tumis, panggang). Menurut Rita, untuk satu kali hidangan utama, paling sedikit seseorang akan mengonsumsi empat jenis makanan, yaitu sumber karbohidrat (makanan pokok), protein hewani, protein nabati, sayur/buah. Maka dalam hidangan tersebut, maksimal hanya satu yang boleh digoreng, yang lain diolah tanpa minyak atau menggunakan minyak sedikit. Namun akan lebih baik, jika tidak ada yang digoreng.
 



inspirasi

Semua mimpi bisa terwujud bila kita memiliki keberanian untuk terus mengejarnya.

Walt Disney, produser film
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...