NUTRISI
30 Sep 2015

7 Cara Lezat Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Salah satu prioritas utama dalam hidup ini adalah kesehatan. Dan makanan yang Anda konsumsi mempunyai pengaruh signifikan terhadap kesehatan.

Berikut ini adalah tujuh langkah yang dapat Anda terapkan, untuk menjaga tubuh agar tetap sehat:
 
1. Minum air lemon di pagi hari. Lemon kaya akan vitamin C, vitamin B, magnesium, kalsium dan fosfor, sehingga menjadi antioksidan yang sangat tinggi. Minum secangkir air lemon hangat di pagi hari bisa membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh, sehingga mendorong produksi asam empedu yang sangat diperlukan untuk kesehatan pencernaan. “Minum secangkir lemon hangat juga bisa meningkatkan mood di pagi hari dan menambah kebugaran tubuh,” kata Diana F. Suganda, ahli gizi.
 
2. Perhatikan sarapan. Jika Anda memulai hari dengan kondisi lelah dan mudah mengantuk, mungkin itu disebabkan oleh kandungan gula tinggi dalam sarapan Anda. Satu piring nasi putih (200 gram) diperkirakan mengandung 300 kilokalori. Sementara satu gelas ukuran besar teh manis mengandung sekitar 70 kilokalori. Jumlah asupan kalori dalam sarapan akan bertambah, jika lauk yang Anda santap berupa menu yang digoreng. Semakin tinggi jumlah asupan kalori dalam sarapan Anda, semakin besar kemungkinan Anda terserang rasa kantuk dan lelah sepanjang hari.  Karena itu, sarapan yang baik adalah dengan memerhatikan gizi seimbang. Harus ada karbohidrat, protein, lemak dan vitamin.
 
3. Rutin minum kopi. Anda suka kopi? Para ahli kesehatan percaya bahwa fitokimia atau zat antioksidan yang terkandung dalam kopi bisa mengurangi risiko diabetes dan penyakit Parkinson. Kopi berkafein juga diyakini mampu meningkatkan fungsi kognitif. Kafein dapat menstimulasi peningkatan fungsi kerja saraf otak, meningkatkan waktu reaksi, memori, suasana hati dan kekuatan otak. Menurut Dr. Arfram Ikram, dari Erasmus Medical Centre, Rotterdam, Belanda, minum tiga hingga empat cangkir kopi setiap hari secara rutin mampu mengurangi risiko penyakit Alzheimer.
 
4. Konsumsi yogurt setiap hari. Risiko diabetes bisa dikurangi dengan rajin mengonsumsi produk-produk susu. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cambridge University menunjukkan bahwa mengonsumsi 125 gram  yogurt dari susu berfermentasi rendah lemak secara rutin mampu mengurangi risiko penyakit diabetes tipe dua hingga 28 persen. Para peneliti percaya bahwa kandungan bakteri baik dan vitamin K pada produk susu fermentasi mampu melakukan itu.
 
5. Perbanyak konsumsi sayuran. Menurut hasil studi para peneliti dari Leicester University, Inggris, mengonsumsi 120 gram sayuran berdaun hijau, seperti bayam, brokoli atau kangkung, bisa mengurangi risiko terkena diabetes tipe dua hingga 14 persen. Sayuran berdaun hijau kaya magnesium (terkandung juga dalam biji-bijian, kacang-kacangan) yang dapat membantu mengatur gula darah.
 
6. Lahap jeruk dan pisang setelah olahraga. Menurut dr. Hario Tilarso, spesialis olahraga, saat berolahraga, kadar glukosa dalam tubuh secara otomatis akan berkurang. Glukosa merupakan salah satu sumber energi cadangan yang tersimpan dalam bentuk glikogen. Untuk memulihkan kembali kadar glikogen dalam tubuh setelah olahraga, sebaiknya konsumi asupan yang memiliki kadar glukosa tinggi. Atlet profesional rata-rata mengonsumsi pisang dan jeruk pasca berlatih untuk memulihkan kebugaran dan mengembalikan energi mereka, sehingga tubuh tetap fit untuk melakukan aktivitas lain setelah berolahraga.

7. Minum cokelat hangat sebelum tidur. Sebuah studi baru-baru ini menyebutkan bahwa antioksidan yang terkandung dalam kakao (bubuk cokelat) bisa meningkatkan memori pada orang lanjut usia. Kakao dipercaya mampu melancarkan aliran darah di beberapa bagian tertentu otak. Para peneliti di Columbia University Medical Centre, Amerika, menemukan bahwa mereka yang berusia 50 hingga 69 memiliki kemampuan lebih baik dan lebih cepat dalam tes ingatan setelah tiga bulan mengonsumsi minuman cokelat dosis tinggi. “Jika sebelum tes para peserta memiliki kemampuan memori setara usia 60, setelah tiga bulan, mereka memiliki kemampuan memori setara usia 30-40,” kata Profesor Scott Small, ahli neurologi yang memimpin penelitian. Ia menyarankan, pilihlah merk minuman dengan proporsi kandungan kakao padat.



inspirasi

Keberhasilan besar biasanya lahir dari...

Napoleon Hill, penulis AS
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...