INVESTASI DAN BISNIS
18 Jan 2013

Jalan Berliku di Bisnis Produk Organik

Tip singkat berbisnis produk organik.

Tren penggunaan produk-produk organik di Indonesia memang masih belum santer. Namun Betty Nurbaiti percaya, tren itu akan terus meningkat di masa depan seiring peningkatan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan.

Penyakit alergi yang dimiliki oleh putra Betty sejak lahir tak kunjung sembuh. Padahal ia sudah membawa anaknya ke berbagai dokter dan rumah sakit. Atas saran dari dokter di Singapura, penyakit alergi itu akhirnya berhenti ketika anaknya berusia enam tahun.
“Saya disarankan mengganti semua produk kosmetik berbahan kimia dengan yang berbahan organik,” kata Betty.
 
Puas dengan pengalaman itu, Betty pun berinisiatif menularkannnya kepada orang-orang terdekat. Ia menghubungi beberapa produsen produk organik di Singapura dan Amerika, serta menawarkan diri menjadi reseller bagi produk mereka di Indonesia.

Betty memilih produsen dari dua negara tersebut karena aturan memproduksi produk organik di sana sangat ketat. Setiap produsen harus lulus uji dan memiliki sertifikasi dari lembaga khusus.

Masalah mulai timbul karena syarat menjadi reseller bagi produk mereka sangatlah rumit. Antara lain, harus memiliki perusahaan yang sudah berpengalaman di bidang pemasaran produk organik, dengan jumlah minimum pembelian produk sekitar setengah kontainer yang bernilai sekitar setengah miliar.

"Hal itu sangat memberatkan karena belum tentu semua produk tersebut bisa terjual dalam waktu cepat, sementara produk organik memiliki masa kedaluwarsa cukup singkat, sekitar satu sampai tiga tahun saja," kata Betty. "Selain itu, produsen organik dari luar negeri masih menganggap Indonesia bukanlah pasar yang potensial karena kesadaran untuk menjaga kesehatan masih kurang."

Betty pun menyakinkan produsen bahwa konsumen Indonesia memiliki buying power. Artinya, jika mereka mau, mereka bisa membeli apa pun, ditambah lagi dengan peningkatan ekonomi mereka yang mencapai tujuh persen. Kesehatan merupakan prioritas kedua setelah makanan. Akhirnya Betty pun membuka Green Shop, toko online yang menjual berbagai produk organik.

Betty sadar, memasarkan produk organik di Indonesia akan cukup sulit, jika konsumen belum mengetahui besar manfaat produk tersebut bagi kesehatan mereka. Karena itu, ia juga memberikan edukasi kepada setiap konsumen dan calon konsumen. Antara lain, melalui pengiriman newsletter setiap satu minggu sekali berisi informasi mengenai produk organik dan kesehatan. Dalam beberapa kesempatan, ia juga memberikan seminar tentang gaya hidup sehat. "Saya membuka ruang diskusi dan tanya jawab di website. Untuk menjaga loyalitas konsumen, Green Shop selalu menjawab semua pertanyaan konsumen dan menanyakan manfaat produk Green Shop yang telah mereka gunakan. Hasilnya, sampai saat ini konsumen kami sudah di atas 500 orang," katanya lagi. (Wiko Rahardjo)



inspirasi

Jangan pernah mengulurkan tangan, kecuali kau bersedia menjulurkan lengan.

Pope Paul VI
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...