INFO MEDIS
21 Feb 2013

Terlalu Lama Nonton TV Turunkan Jumlah Sperma

TV bisa membuat Anda tidak aktif dan menggangu produksi sperma.

Kalau Anda termasuk pria yang betah duduk berlama-lama di depan teve, coba upayakan untuk mengubah kebiasaan Anda itu. Karena menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan secara online dalam British Journal of Sports Medicine beberapa waktu lalu, gaya hidup Anda yang tidak aktif itu terkait dengan kuantitas sperma, lho!

Penelitian yang melibatkan 189 pria berusia 18-22 tersebut menyebutkan, pria yang sering menonton TV selama sekitar 20 jam atau lebih dalam seminggu memiliki jumlah sperma 44 persen lebih rendah ketimbang pria yang jarang atau tidak pernah menonton TV.

Hal itu terungkap setelah para peneliti dari Harvard School of Public Health, Massachusetts, mencermati kuesioner yang diisi para pria itu seputar kebiasaan berolahraga, pola makan dan menonton TV mereka,  serta menganalisis contoh air mani mereka.

Dalam studi juga terlihat, pria yang melakukan berolahraga selama 15 jam atau lebih dalam seminggu, dengan intensitas sedang hingga berat, memiliki jumlah sperma yang lebih tinggi daripada mereka yang hanya melakukan olahraga kurang dari lima jam per minggu.

Namun, tak satu pun dari pria tersebut  memiliki jumlah sperma yang begitu rendah sehingga tidak dapat membuahi sel telur.

Meski para peneliti belum dapat menjelaskan mengapa menonton TV dapat menurunkan jumlah sperma, namun diduga, hal itu berhubungan dengan suhu. Rupanya, gaya hidup sedenter (tidak banyak gerak) dapat membuat suhu skrotum lebih tinggi sehingga memengaruhi konsentrasi sperma di air mani.

Selain itu, ketidakaktifan fisik juga telah diasosiasikan dengan stres oksidatif, di mana radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralisirnya sehingga intensitas proses oksidasi tubuh menjadi semakin tinggi dan menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh normal.

Studi lebih lanjut memang diperlukan untuk mengkonfirmasi dan menyelidiki kemungkinan penyebab di balik temuan itu, serta memastikan apakah penurunan jumlah sperma tersebut juga memengaruhi kesuburan pria. Namun setidaknya, Anda tetap harus menjaga gaya hidup yang lebih sehat demi menjaga kuantitas sperma.



inspirasi

Dalam setiap menit kemarahanmu kau kehilangan enam puluh detik kebahagiaan.

Ralph Waldo Emerson
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...