INFO MEDIS
8 Sep 2015

Postur Tubuh Pengaruhi Kesehatan

Tanpa disadari, sejumlah kebiasaan kita sehari-hari membuat leher, bahu, punggung dan pinggang kita sakit.

Apakah Anda sering mengalami sakit leher, bahu, punggung dan pinggang? Bisa jadi, itu karena postur tubuh Anda yang buruk. Yang dimaksud dengan postur tubuh di sini adalah cara berjalan, duduk, menyetir, mengangkat sesuatu, atau mengerjakan aktivitas lain sehari-hari. Setidaknya 80% energi tubuh hanya digunakan untuk menjaga postur, seperti yang diungkapkan oleh Kamal Merai, dokter chiropractic dari Selandia Baru, yang bertugas di Indonesia.

Mengatur postur tubuh sendiri berarti mengatur jaringan saraf kompleks, yang ada di dalam tulang sendi, yang kemudian berkoordinasi dengan otak untuk menentukan aktivitas mana yang akan dilakukan. Setelah otak menerima pesan, otak akan menentukan keputusan dari berbagai kemungkinan, agar tubuh kita tetap seimbang dan postur tubuh terkontrol.
Namun, bagaimana bila sistem yang sempurna itu terganggu? Bagaimana bila sendi-sendi yang ada tiba-tiba berhenti dan tidak dapat bekerja dengan baik?

Dalam chiropractic (metode perawatan kesehatan alami berdasar hubungan antara tulang belakang, sistem saraf dan fungsi tubuh yang optimal tanpa menggunakan obat dan operasi), sendi tulang yang tidak bergerak normal karena adanya berbagai penyebab, disebut subluksasi. Karena itu, tubuh bereaksi dengan mengubah bentuk tubuh, untuk mengimbangi sendi tulang yang tidak bergerak. Dan bentuk tubuh yang tidak beraturan itulah yang menyebabkan postur tubuh memburuk.

Lama kelamaan, postur tubuh menurunkan fungsi tulang, dan menyebabkan kelainan tulang belakang. “Postur tubuh Anda tidak bermasalah, tulang belakang Anda lah yang bermasalah. Postur adalah jendela dari tulang belakang Anda. Postur merupakan hasil akhir dari masalah tulang belakang Anda,” ujar Kamal.

Dan ternyata, ada sejumlah kebiasaan kita yang bisa memengaruhi postur tubuh tersebut, seperti berikut ini:

Tidur
Posisi tidur yang salah menyebabkan sirkulasi darah tidak lancar. Posisi tidur yang meringkuk, seperti janin, dapat menyebabkan sakit punggung dan leher. Untuk mengatasi hal itu, saat Anda tidur dengan posisi meringkuk, letakkan bantal di antara bahu dengan kepala Anda, agar kepala tidak terlalu merunduk. Posisi tidur menghadap kanan atau kiri dengan kepala menindih salah satu tangan yang terjulur, bisa mengakibatkan terhambatnya aliran darah dan saraf tubuh, sehingga menyebabkan kesemutan. Sebaiknya, letakkan bantal juga di antara bahu dengan kepala Anda.

Selain itu, tidur dengan posisi tengkurap berpotensi menghambat pernapasan, serta menimbulkan sakit leher dan punggung. Posisi tengkurap akan sukar untuk menjaga posisi tulang belakang lurus, serta dapat memberi tekanan pada sendi tulang dan otot tubuh. Posisi tidur yang baik adalah terlentang, sehingga leher, bahu dan tulang punggung tegak lurus, sejajar dengan bidang tempat tidur.
 
Duduk
Kebiasaan duduk yang salah adalah ketika Anda duduk membungkuk atau miring. Duduk yang terlalu lama, meski tegak lurus, dapat menyebabkan tulang punggung lelah dan sirkulasi darah melemah. Hal itu merupakan awal sakit punggung. Posisi duduk yang baik adalah duduk dengan kaki di lantai dan punggung sejajar kursi. Sebaiknya kaki tidak disilangkan atau saling ditumpangkan. Posisikan bahu Anda sejajar dengan kursi, dan biarkan tangan rileks. Posisi kepala harus tegak, tidak menunduk atau mendongak. Hindari duduk dalam posisi yang sama untuk jangka waktu lama, dan bergeraklah sesekali.
 
Mengangkat barang
Mengangkat barang, terutama yang berat, dengan cara yang salah, dapat menyebabkan dislokasi pada alat gerak. Saat mengangkat barang berat, tegakkan punggung Anda. Ketika Anda akan mengangkat barang, tekuk tubuh di bagian pinggang dan lutut. Biarkan otot kaki yang bekerja dan menahan beban berat barang tersebut.  Jangan mengambil barang dengan posisi pinggul dan kaki membentuk sudut 90o. Hal itu bisa menyebabkan nyeri pinggul dan saraf terjepit. Saat membawa barang berat, gunakan kedua tangan Anda, dan dekatkan barang di pinggang. (Beata Anandika)
 



inspirasi

Banyak orang terlalu mengkhawatirkan karier mereka, sementara hanya sedikit yang mau menghabiskan energi untuk mengelola hidup mereka.

Reese Witherspoon
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...