INFO MEDIS
3 Apr 2013

Cegah Anemia Sejak Dini

Anemia bisa dicegah dengan mudah dan sejak dini, kok.

Anemia mungkin bukan istilah yang asing lagi bagi Anda. Tetapi tahukah Anda apa itu anemia dan gejala-gejalanya?

Bisa jadi, Anda sebenarnya sudah mengalami gejala anemia selama ini, tetapi karena kurang memahami, banyak di antara kita yang lantas menyepelekan kondisi itu. Padahal, tanpa disadari, anemia bisa memengaruhi kualitas hidup kita. Bahkan kondisi anemia berat dapat menyebabkan rendahnya oksigen di organ vital, seperti jantung, yang dapat menyebabkan seseorang terkena serangan jantung.

“Anemia bukan penyakit,” kata Dr. Nadia Ayu Mulansari, SpPD, FINASIM, dari Divisi Hematologi-Onkologi Medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RS Cipto Mangunkusumo (FKUI/RSCM), dalam media briefing tentang anemia di Jakarta beberapa waktu lalu. Anemia merupakan suatu keadaan yang menggambarkan kadar hemoglobin atau jumlah eritrosit (sel darah merah) dalam darah yang kurang dari nilai normal.

“Jika kadar hemoglobin dalam darah berkurang, maka kadar oksigen dalam darah pun berkurang. Hal ini karena oksigen kehilangan ‘kendaraan’ untuk beredar ke seluruh tubuh,” tambah dokter yang merupakan salah satu pengurus besar Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) itu. Hemoglobin memang merupakan pigmen yang membawa oksigen dalam sel darah merah.

Kekurangan zat besi memang paling sering menjadi penyebab anemia. Hal itu karena zat besi merupakan mikroelemen yang esensial bagi tubuh, terutama untuk pembentukan hemoglobin. Namun anemia juga bisa disebabkan oleh kehilangan sel darah merah akibat perdarahan (baik kronik atau akut), genetik  (thalasemia, hemoglobinopati, anemia fanconi, anemia sickle cell), atau adanya penyakit kronik maupun keganasan (penyakit ginjal, hati, infeksi malaria, penyakit jaringan ikat).

Sebanyak 40% wanita usia subur di Indonesia, menurut Survei Kesehatan Rumah Tangga 2001, mengalami anemia, dengan rentang usia antara 26-40, seperti yang terungkap dari data poliklinik hematologi medik FKUI/RSCM pada 2012. Perempuan memang cenderung lebih berisiko terkena anemia, ketika sedang hamil, menyusui, haid maupun melakukan diet makanan yang mengandung zat besi. Namun anemia dapat terjadi pada siapa saja, dari segala usia. Menurut data Riset Kesehatan Dasar 2007, prevalensi anemia pada pria di Indonesia adalah 1:10, berarti satu dari setiap 10 pria di Indonesia rentan anemia.

Sayang, banyak masyarakat menganggap kekurangan zat besi adalah hal biasa dan sepele. Padahal, selain dapat memengaruhi produktivitas sehari-hari, “Anemia juga bisa menjadi indikasi awal adanya penyakit kronik atau keganasan, seperti kanker,” kata dr. Nadia. Apalagi, gejala anemia baru muncul ketika tubuh sudah sangat kekurangan zat besi. “Bahkan kadang juga tidak ada gejala yang khas,” katanya menambahkan.

Padahal, anemia – terutama anemia yang terjadi akibat kekurangan zat besi – bisa dicegah dengan mudah dan sejak dini, antara lain dengan memastikan kecukupan zat besi harian Anda. Untuk pria dan wanita pasca-menopause, dianjurkan mengonsumsi delapan milligram zat besi per hari. Sementara wanita pra-menopause 18mg/hari, wanita hamil 27mg/hari dan anak usia enam bulan sampai 11 tahun 11mg/hari.

Zat besi bisa Anda dapatkan secara alami dari beberapa bahan pangan, seperti daging merah, hati sapi, tiram, udang, telur, susu, kacang polong hijau, kacang tanah, kedelai dan sayuran hijau. Sumber asupan zat besi dari golongan heme (daging merah, ayam, ikan) mempunyai penyerapan lebih baik dibandingkan golongan non-heme (buah, sayur, sereal, susu). Dan jika kebutuhan harian zat besi tak tercukupi dari makanan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen zat besi.

Selain itu, pastikan Anda cukup tidur (6-8 jam/hari) dan rutin berolahraga. Jaga jarak waktu konsumsi sekitar dua jam antara zat-zat yang menghambat penyerapan zat besi dan vitamin zat besi, seperti tanin (teh), polifenol (kopi), kalsium (vitamin kalsium dan susu) dan fitat (gandum, beras, jagung). Konsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin C karena dapat meningkatkan penyerapan zat besi.

Dan untuk memastikan Anda menderita anemia atau tidak, lakukan pemeriksaan darah untuk mengecek kadar hemoglobin. Jika memang mengalami anemia, dokter umumnya akan memberikan vitamin zat besi dengan dosis terapi, sesuai dengan parah atau tidak anemia yang diderita. Namun yang pasti, cari penyebab dasar atau penyakit yang mendasari anemia tersebut karena siapa tahu, ada penyakit yang lebih serius di tubuh Anda. (Imelda Suryaningsih)



inspirasi

Orang yang sinis adalah orang yang tahu harga segala sesuatu, tapi tidak mengetahui nilai-nilai nya.

Oscar Wilde
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...