INFO MEDIS
9 Oct 2015

3 Kesalahan yang Membuat Diet Gagal

Kesalahan-kesalahan ini seringkali dilakukan tanpa disadari.

Rahasia sukses diet adalah metabolisme tubuh yang efektif bekerja membakar kalori. Sayangnya, banyak wanita yang tanpa sadar menggagalkan potensi pembakaran kalori dengan diet ketat yang salah kaprah, strategi latihan yang tidak efektif, dan kebiasaan lain yang semakin memperlambat metabolisme. Seperti kesalahan-kesalahan berikut ini.

Kesalahan 1: Hanya mengandalkan timbangan portable di rumah
Timbangan portabel didesain hanya untuk menghitung berapa kilogram bobot tubuh Anda secara keseluruhan, tidak bisa menghitung berapa jumlah lemak dan massa otot Anda. Orang yang angka timbangannya ideal, belum tentu massa lemak dan ototnya ideal. Padahal, semakin sedikit massa otot yang Anda miliki, semakin lambat kemampuan tubuh Anda dalam membakar kelebihan lemak dan kalori.

"Wanita berbobot 55 kilogram dengan massa lemak 20-25 persen (massa lemak ideal), dalam satu hari dapat membakar 200 kalori lebih banyak dibanding wanita berbobot sama dengan persentase lemak sebesar 40 persen (tipikal wanita usia 40 tahun ke atas)," kata  David C. Nieman, Dr.P.H., direktur Human Performance Laboratory Appalachian State University.

Solusi: perbaiki kesalahan ini dengan mengunjungi klinik dokter atau pusat kebugaran terdekat untuk melakukan pengukuran bobot tubuh lengkap dengan massa otot dan lemak. Dokter atau pelatih fitnes yang mungkin Anda temui di sana dapat memberi nasehat tentang bagaimana Anda dapat mencapai berat ideal dengan cara sehat.

Kesalahan 2: Diet ketat setelah makan besar
Makan terlalu banyak tidak bisa Anda tebus dengan membiarkan tubuh kelaparan sesudahnya. Kebiasaan seperti ini justru memangkas tingkat metabolisme hingga 25 persen lebih rendah dari biasanya. Jika karena rasa bersalah lantas Anda hanya mengonsumsi 400-800 kalori dalam sehari, metabolisme akan turun sebesar 15-20 persen. Plus, tubuh akan membakar jaringan otot yang Anda perlukan untuk bisa bergerak dan berolahraga secara normal. Hasilnya? Semakin lambat lah metabolisme Anda.

Solusi: perbaiki dengan mengurangi asupan kalori secara pelan. Asupan 1.200-1.500 kalori hanya akan menurunkan angka metabolik sekitar 5 persen. Ketika Anda bergerak atau berolahraga, yang terbakar adalah lemak bukan otot seperti yang terjadi jika Anda hanya mengasup kurang dari 900 kalori perhari. Perbanyak asupan protein dari sumber rendah lemak seperti putih telur, biji-bijian dan kacang-kacangan agar massa otot terbangun dan kecepatan pembakaran lemak meningkat.  

Kesalahan 3: Hanya berlatih kardio
Jika Anda tidak pernah membuat otot bekerja keras, misalnya dengan berlatih beban, Anda akan kehilangan sekitar dua kilogram massa otot tiap dekade, ujar Wayne L. Westcott, PhD, direktur penelitian kebugaran South Shore YMCA di Quincy, MA. Latihan kardiovaskular (seperti berjalan, bersepeda, berenang, atau aerobik) sangat baik untuk kesehatan Anda, tetapi tidak cukup berat untuk membangun  massa otot. "Hanya latihan kekuatan atau beban yang dapat memberi tekanan yang cukup kuat kepada otot agar terbentuk dengan baik sehingga pembakaran kalori lebih efektif.

Solusi: perbaiki dengan berlatih angkat beban, baik itu di pusat kebugaran atau di rumah dengan membeli barbel atau resistance band. Jika Anda belum pernah berlatih beban, ada baiknya memakai jasa pelatih pribadi untuk beberapa sesi sampai Anda mengetahui bagaimana cara berlatih dan menggunakan alat-alat tanpa cidera.

Sumber: Meet Doctor/ Ditinjau oleh: dr. Deffy Laksani Anggar Sari


 



inspirasi

Perbedaan mendasar antara laki-laki biasa dengan pejuang adalah pejuang melihat segala sesuatu sebagai tantangan, sedangkan laki-laki biasa melihatnya sebagai anugerah atau kutukan.

Carlos Castenada
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...