INFO MEDIS
8 Jul 2015

21 Langkah Mengenyahkan Zat Pemicu Kanker

Kanker memang masih menjadi momok, dan zat karsinogen pemicu kanker pun ternyata ada di sekeliling kita, termasuk di rumah. Inilah saatnya kita melakukan detoksifikasi!

“Kanker muncul ketika gen-gen yang memiliki tugas mengatur pertumbuhan dan perbaikan sel mengalami perubahan,” kata dr. Aru Wicaksono Sudoyo, spesialis onkologi dari fakultas kedokteran, Universitas Indonesia.
 
Perubahan itu terjadi ketika ada interaksi antara gen induk dengan zat eksternal yang memiliki sifat karsionogen atau zat yang bersifat mengendap di dalam tubuh dan mengganggu asam deoksiribonukleat (DNA), sehingga menganggu sel dan proses biologis di dalam tubuh.
 
“Karsinogen ini berada di sekeliling kita, dan tanpa kita sadari tercampur dengan makanan dan minuman yang kita konsumsi, udara yang kita hirup dan zat-zat lain yang kita gunakan sehari-hari,” kata dr. Aru.
 
Masalahnya, zat karsinogen tersebut seringkali dibiarkan bebas berada di sekeliling kita dengan atau tanpa kita sadari. Kita mungkin tak mencium atau merasakannya, namun coba tengok, berapa banyak produk kimia mengandung zat karsinogen yang berada di rumah kita? Masih ragu, lihat lagi kandungan apa saja yang terdapat pada cairan pembersih lantai, semir sepatu, peralatan kosmetik, hingga peralatan elektronik yang kita miliki.
 
Lakukan 21 langkah detoksifikasi rumah berikut ini, untuk mengenyahkan zat karsinogen:
 
Bersihkan alas sepatu dan sandal sebelum masuk rumah. Zat beracun lebih mudah menguap dan hilang di udara terbuka ketimbang di ruangan tertutup. Karena itu, ketika akan memasuki rumah, pastikan zat-zat beracun itu tetap berada di luar. Rak sepatu sebaiknya diletakkan di teras. Jangan lupa terlebih dahulu membersihkan alas sepatu dan sandal pada keset sebelum masuk rumah. Kita tidak akan pernah tahu apa yang telah menempel di sepatu atau sandal selama berada di luar.
 
Pastikan sirkulasi udara rumah lancar. Usahakan jendela dan pintu rumah terbuka di siang hari untuk menjaga kelancaran pergantian udara. Sirkulasi udara bertujuan untuk menghilangkan udara yang sudah terpapar racun dengan yang lebih segar. Tempatkan tanaman hijau di beberapa sudut rumah. Tanaman bisa berfungsi sebagai penghilang racun alami. Buang pengharum ruangan yang mengandung bahan kimia. “Untuk mengharumkan ruangan, Anda bisa memarut kulit jeruk, lalu memanaskannya,” kata Betty Nurbaiti, pemilik perusahaan yang memproduksi berbagai jenis produk organik berlabel Green Shop. “Aroma jeruk yang segar akan menyebar ke ruangan rumah.”
 
Perhatikan kosmetik dan bahan perawatan tubuh sehari-hari. Banyak kosmetik dan produk perawatan tubuh yang mengandung zat kimia. Luangkan waktu sejenak untuk membaca kembali kandungan yang terdapat pada produk tersebut. Buang segala jenis alasan yang membuat kita merasa harus menggunakan produk yang mengandung zat karsinogen tersebut. Beberapa zat kimia berbahaya berikut seringkali ditemukan pada produk-produk kosmetik dan perawatan tubuh:

  • DEA (Diethanolamin), MEA (Monoethanolamin), TEA (Triethanolamine), merupakan zat yang sering terdapat pada produk sampo, sabun mandi dan pembersih wajah. Zat ini termasuk karsinogen dan erat kaitannya dengan kanker hati dan ginjal.
  • Phthalates dan parabens. Terdapat pada produk kosmetik dan farmasi, dua zat ini memberikan efek harum dan awet, juga digunakan sebagai bahan pembuatan pipa dan vernis. Beberapa riset menyebutkan, phthalates mengganggu produksi hormon, sementara parabens menyebabkan tumor dan kanker payudara. Sejak 2003, Uni Eropa telah melarang penggunaan produk tersebut dan menggolongkannya sebagai zat karsinogen.
  • Imidazolidinyl Urea dan DMDM Hydantoin merupakan senyawa yang turut membentuk formalin. Zat ini sering digunakan sebagai bahan pembuat produk perawatan rambut dan kuku. Zat ini disebut-sebut sebagai pemicu alergi, sesak napas, depresi, sakit kepala dan kanker.
 
Bijak menggunakan plastik. Ingat, produk plastik rata-rata mengandung Bhipenol A (BPA) yang sangat erat dengan kanker. Zat tersebut akan cepat bereaksi ketika terkena panas dan menguapkan kandungan beracunnya. Jangan memanaskan makanan atau minuman dalam kemasan plastik BPA. Pilih produk plastik yang sudah berlabel bebas BPA.
 
Cek lagi peralatan memasak di dapur. Peralatan memasak yang memiliki lapisan anti-lengket mengandung polytetrafluoroethylene. Itu merupakan zat karsinogen yang mudah menguap dan menyebarkan gas beracun ketika dipanaskan pada suhu di atas 300 derajat Celsius. Ganti segera peralatan masak, jika lapisan anti-lengketnya sudah terkelupas.
 
Awas pestisida. Sentra Informasi Keracunan Nasional Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebutkan pestisida sebagai salah satu zat pemicu kejadian keracunan tertinggi di Indonesia selama 2013. Artinya, masih banyak penduduk Indonesia yang menggunakan itu. Salah satunya terkandung pada cairan semprot pengusir nyamuk atau serangga pengganggu di rumah. “Padahal bau daun sereh atau lavender cukup ampuh mengusir nyamuk dan serangga,” kata Betty.
 
Bersihkan debu. Semakin banyak debu berarti semakin banyak racun yang mengendap. Bersihkan debu minimal seminggu sekali. Gunakan penyedot debu yang menggunakan sistem HEPA Filter, yang mampu menghilangkan debu hingga partikel terkecilnya.
 
Hilangkan area lembap. Jamur dan lumut tempat menempelnya zat kimia beracun mudah tumbuh pada area yang lembap. Anda harus membersihkan area yang mudah lembap, seperti di kamar mandi atau bawah wastafel. Minimalkan area atap di dalam rumah dari kebocoran.
 
Gunakan penyaring air. Zat polutan yang terbawa bersama air keran, seperti klorin, yang biasa digunakan pada pembuatan pipa besi, ternyata justru membuat pipa tersebut mudah keropos. Dalam suhu ruangan, zat beracun itu bisa menguap dan menjadi gas berbahaya. Gunakan pipa PVC, dan lengkapilah saluran keran Anda dengan penyaring.
 
Waspadai kebocoran karbonmonoksida.  Periksa secara rutin peralatan kompor gas Anda, mulai dari sambungan pipa dari kompor ke tabung gas hingga kondisi kompor itu sendiri. Jika bocor, bukan tidak mungkin Anda dan anggota keluarga lain secara tidak sengaja mengisap karbonmonoksida yang merupakan zat karsinogen. Ruang dapur memang sebaiknya memiliki ventilasi khusus agar sirkulasi udara berjalan baik.
 
Pikir ulang sebelum dry cleaning. Dry cleaning adalah proses pencucian yang tidak menggunakan media cair untuk mengilangkan noda atau kotoran yang menempel di pakaian. Biasanya proses pencucian dengan teknik dry cleaning menggunakan uap dan unsur kimia yang bernama perchloroethylene (PCE atau PERC). Ketika masuk ke tubuh melalui udara atau kontak langsung, biasanya akan muncul reaksi alergi. Saat PCE terbawa aliran darah dan menyebar ke dalam tubuh dalam jangka waktu tertentu akan merusak dan menganggu pertumbuhan sel sebagai pemicu awal kanker.
Anda yang terbiasa menggunakan jasa binatu dengan sistem dry cleaning sudah harus waspada dengan bahayanya. Disarankan untuk segera melepas plastik pembungkus pakaian yang baru tiba dari binatu sebelum Anda menyimpannya di lemari. PCE mudah menguap di udara terbuka, dan bungkus plastik justru akan menjebak PCE menguap.
 
Siapkan lampu darurat dengan baterai isi ulang. Saat listrik mati, lilin menjadi pilihan utama penerangan darurat. Padahal, lilin mengandung parafin yang melepaskan zat kimia, seperti benzene, toluene dan ketones, yang termasuk sebagai zat karsinogen ketika dipanaskan. Jika lokasi tempat tinggal Anda sering mati listrik, sebaiknya Anda selalu sedia lampu darurat yang menggunakan energi dari baterai, sehingga Anda mengurangi penggunaan lilin di rumah.
 
Jangan taruh struk belanja di kantong belanjaan. Struk belanja yang baru tercetak biasanya akan terasa hangat, dan ternyata mengandung BPA. Jika struk tersebut langsung dimasukkan ke kantung belanja yang berisi bahan-bahan makanan, maka akan mengontaminasi barang belanjaan.
 
Mulailah hobi koleksi tanaman. Tidak ada salahnya menaruh beberapa tanaman hijau di beberapa sudut ruangan rumah. Selain menambah keindahan, tanaman juga berfungsi sebagai antioksidan alami.  Bakteri tanah sebagai media tanaman mampu mengurai zat berbahaya, seperti formalin, di udara.
 
Jangan menutup kamar mandi. Setelah Anda membersihkan toilet atau kamar mandi dengan cairan pembersih, sebaiknya jangan langsung menutup kamar mandi. Biarkan dahulu pintu terbuka untuk cepat mengurai zat kimia beracun. Jika memungkinkan Anda bisa memasang ventilasi khusus di kamar mandi yang dilengkapi kipas sehingga zat kimia yang dikeluarkan oleh cairan pembersih cepat menguap.
 
Pertimbangkan produk organik. Produk organik pada dasarnya adalah produk-produk alam yang diolah tanpa campuran bahan kimia. Harga produk ini di pasar di Indonesia memang masih tergolong mahal, namun jika untuk kesehatan, mengapa tidak? (Wiko Rahardjo)
 



inspirasi

Letakkan tangan Anda di atas kompor panas selama satu menit, maka akan terasa seperti satu jam. Duduklah bersama seorang gadis cantik selama satu jam, dan terasa seperti satu menit. ITU yang disebut relativitas.

Albert Einstein
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...