DESTINASI
15 Jul 2015

Yang Seru dan Gratis di Berbagai Penjuru Dunia

Traveling seru tidak harus mahal.

Konon, segala sesuatu yang gratis pastilah ‘seadanya’. Tetapi, bagi para traveler hal itu tidak absolut. Banyak sekali aktivitas gratis yang menarik untuk dicoba. Terkadang ia bahkan memberikan pengalaman lebih seru ketimbang menonton konser mahal, masuk ke Disneyland, atau makan di restoran dengan tiga bintang Michellin.

Simak yang berikut ini.


Hitchhike di Islandia. Meski merupakan salah satu cara traveling paling seru, kegiatan hitchhiking alias menumpang, semakin jarang dilakukan traveler. Pergilah ke Islandia jika Anda ingin merasakan pengalaman hitchhiking dengan maksimal. Pertama, hitchhiking adalah hal yang lumrah dilakukan masyarakat Islandia, bahkan oleh para perempuan. Kedua, harga tiket bus relatif mahal, bisa mencapai 100 dolar AS. Ketiga, Islandia adalah salah satu negara paling aman di dunia. Dalam 50 tahun sejak kemerdekaannya dari Denmark, polisi Islandia baru menembakkan peluru sebanyak… satu kali!

Couchsurfing di mana saja. Bingung mencari akomodasi di tempat tujuan, ingin mencari teman baru, atau mencari seseorang yang bisa memandu Anda berkeliling kota? Masuk saja ke situs komunitas Couchsurfing (couchsurfing.com). Anda mungkin terkejut dengan banyaknya jumlah traveler di seluruh dunia yang siap membantu Anda dengan cuma-cuma.

Berdansa di bawah terang bulan purnama. Jika Anda menyukai keriuhan dan semarak pesta, pastikan untuk merasakan sensasi full moon party di Koh Phangan, Thailand. Ia terbuka untuk publik, dan diselenggarakan saat bulan purnama, setiap bulan. Sejarah pesta ini cukup panjang. Sekelompok hippies memulainya pada era 1980-an. Kini, ia adalah magnet bagi penyuka musik elektronik di seluruh dunia, termasuk para disc jockey.

Museum di Inggris. Memang pusing rasanya kalau memikirkan nilai tukar mata uang rupiah terhadap poundsterling, apalagi ketika membelanjakannya. Bisa-bisa, rupiah Anda ludes dalam sekejap. Tetapi itu bukan berarti Anda tak bisa bersenang-senang di Inggris. Kunjungi museum-museum nasional, karena setiap museum nasional di Inggris tidak mengenakan biaya masuk alias gratis. Dan itu bukan hanya di jam-jam tertentu, melainkan sepanjang waktu. Cek saja British Museum, Tate Modern, atau Victoria and Albert.

Tur jalan kaki di Amerika dan Eropa. Anda tentu tak bisa memahami budaya sebuah tempat jika hanya melewatinya dengan bus atau kereta api. Jadi, apa yang mesti Anda lakukan adalah berjalan kaki. Nikmati aktivitas sehat itu sambil mempelajari sejarah kawasan. Jika Anda pergi ke Amerika, coba hubungi Free Tours by Foot (freetoursbyfoot.com), dan jika Anda melancong ke Eropa, kontaklah New Europe Tours (neweuropetours.eu).  

Makan di Golden Temple, India. Setiap hari, sekitar 40.000 orang datang ke Golden Temple untuk mendapatkan makanan gratis berupa chapattis, kari dan nasi. Tetapi jangan terburu napsu. Sebelum makan, Anda bisa berjalan santai di sekitar Danau Amrit Sarovar sebelum memasuki antrean makanan. Di sini Anda mungkin akan memahami arti “ledakan populasi”.

WWOOF. Berjalan-jalanlah dan kembali ke rumah dengan pengalaman atau bahkan kemampuan baru. Melalui WWOOF (wwoof.net), Anda bisa mengajukan diri menjadi relawan yang bekerja di daerah pertanian, sebagai ganti dari kamar yang mereka tawarkan. Dengan demikian, Anda bisa menetap lebih lama, bertemu banyak traveler lain, belajar kemampuan baru, bahkan menabung. (Bayu Maitra)



inspirasi

Ketika semua yang dilakukan gagal, itu saatnya berlibur.

Betty Williams
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...