DESTINASI
20 Mar 2015

8 Kota yang Memerangi Pemanasan Global

Kota-kota ini akan menginspirasi para pecinta lingkungan.

Tanpa visi dan misi yang selaras dengan kelestarian alam, ambisi menjadi kota modern tidak lagi relevan. Tengok kota-kota berikut. Dengan inovasinya, mereka adalah garda terdepan kota ramah lingkungan.

London, Inggris
Dirancang oleh Bill Dunster, proyek BedZed berambisi untuk menjadi area bebas karbon yang akan menyangga kehidupan yang lebih berkelanjutan di Inggris. Proyek ini dimulai pada 2002 silam. Ia memiliki 82 unit yang meliputi flat, town house, dan gedung perkantoran. Komplek tersebut menggunakan panel surya dan material bio massa sebagai sumber energi utama, selain menggunakan sistem daur ulang untuk memenuhi kebutuhan air warganya. Ketika dibangun, seluruh material diambil dari lokasi yang berjarak maksimal 80 km. Ini untuk mengurangi dampak lingkungan dari pembangunan yang masif.

Aberdeen, Skotlandia
Ini kota yang ambisius. Targetnya, pada 2020, Aberdeen ingin mengurangi kadar emisi CO2 hingga 42 persen. Karenanya, jangan heran jika di kota tersebut terdapat enam taman kota, dan lebih banyak lagi di perbatasannya. Lebih dari seperempat tanah di Aberdeen adalah ruang terbuka, dalam berbagai format. Yang menarik adalah, warga kota yang peduli terhadap isu lingkungan dapat membantu pemerintah kota bekerja melalui donasi atau menjadi relawan.

Oslo, Norwegia
Jika Oslo berhasil mencapai targetnya, ketika pada 2030 Anda berkunjung ke sana, kota itu sudah bebas CO2. Cara Oslo untuk membuat kotanya ramah lingkungan adalah dengan memungut pajak tinggi dari perusahaan-perusahaan dengan emisi karbon tinggi. Uang itu lantas diinvestasikan pada pengembangan teknologi ramah lingkungan.

Stockholm, Sweden
Kota ini telah mengucapkan adjo (selamat tinggal) pada bahan bakar fosil. Investasi besar-besaran pada sektor energi alternatif telah dilakukan, dan ia punya target untuk tidak lagi menggunakan bahan bakar fosil pada 2050. Hammarby Sjostad adalah satu kota percontohannya. Ia sebuah kota ramah lingkungan dengan 10.000 rumah, yang berdiri di atas bekas areal indsutri Stockholm. Kota tersebut menghidupi dirinya dengan menampung air hujan, dan menyalakan rumah-rumah serta lampu kota dengan tenaga surya.

Reykjavik, Islandia
Islandia berhasil menghemat 8 miliar dolar AS dalam 30 tahun terakhir karena ia telah lepas dari ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. Kini, geothermal dan hydropower adalah sumber energi utama mereka. Di kota Reykjavik, energi panas bumi dipakai untuk menghangatkan kolam renang-kolam renang luar ruangan, selain pemanas ruangan di rumah-rumah juga perkantoran. Sementara, mereka memakai hydropower untuk bis-bis yang berseliweran di dalam kota.

Wellington, Selandia Baru
Ibu kota Selandia Baru diisi oleh populasi yang mendukung gaya hidup ramah lingkungan. Hal itu tercermin dari 33 persen warga yang lebih memilih transportasi publik untuk pergi ke kantor. Sebagai catatan, transportasi di sana telah menggunakan sumber energi yang terbarukan. Pemerintah kota Wellington, pada 2007 lalu, telah mencanangkan bahwa pada 2020 mereka harus sudah menurunkan emisi sebesar 40 persen, dan emisi komunitas sebesar 30 persen.

San Fransisco, Amerika Serikat
Ini dia kota paling hijau di AS. Visinya adalah, pada 2020, San Fransisco akan menjadi kota bebas sampah. Ambisi itu rasanya bukan mustahil, mengingat saat ini mereka telah menggunakan kembali (re-use) 80 persen dari sampah mereka. Ia juga menjadi kota pertama yang melarang penggunaan kantung plastik di pusat perbelanjaan. Peraturan telah ditetapkan sejak 2007 silam. Yang menarik adalah, kebijakan daur ulang itu berhasil menciptakan lapangan kerja 10 kali lipat lebih banyak ketimbang sewaktu menerapkan sistem penampungan sampah.

Sydney, Australia
Daerah pinggir pantai memang punya banyak pertaruhan terkait dengan lingkungan. Untuk memerangi perusakkan lingkungan, pemerintah kota Sydney telah menelurkan Green Sydney Government Initiatives. Inisiatif itu menjadi filosofi mereka terkait penyaluran energi dan air ke seluruh penjuru kota. Di pusat kota, mereka telah menanami lebih dari 8.900 pohon, serta membangun 107 taman hujan yang membantu menyaring polusi agar tidak memasuki saluran air Sydney. Ada 5.500 panel surya di atas 30 gedung-gedung di perkotaan. Ia menyumbang 12,5 persen energi kota Sydney. (Bayu Maitra)



inspirasi

Orang tua hanya dapat memberikan saran yang baik, atau menempatkannya pada jalur yang benar, tapi pembentukan final karakter seseorang ada di tangan mereka sendiri.

Anne Frank
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...