BLOG
7 Aug 2015

Senandung

Lewat senandung, kisah-kisah, kebijaksanaan, hingga tren musik, menular dari satu orang ke orang lain, serta mengundang senyum.

Andro, seorang teman Batak berbadan bongsor, terjebak. Dalam bus malam menuju Bandung, penumpang di kanan-kiri pulas di pundaknya. Kok, sedap kali hidup kawan ini, pikirnya. Gerah, ia pun bersenandung keras-keras, “Awaaal dari cintaaa… likuu tandaa bahagiaaa….“ Satu tembang lawas dari Panbers. Seleranya memang begitu. Berkat senandung, keheningan malam pecah jadi tawa. Tetapi saya tertarik dengan aspek yang lain.

Sebelum Andro, saya tak ingat kapan terakhir kali mendengar orang bersenandung dengan hati. Saya tak melihatnya di lingkungan rumah, kantor, maupun di jalan-jalan. Saya ingin menyalahkan banyak pihak soal ini, seperti Sony dengan Walkman, yang bikin aktivitas mendengarkan kaset di jalan jadi keren. Apple dan iPad juga saya tuding. Kini, dalam satu gerbong kereta, perbandingan jumlah penumpang dengan komputer tablet mungkin cuma beda tipis.

Tetapi, sepertihal nya dongeng, terkikisnya senandung mungkin disebabkan oleh minimnya edukasi tentang manfaat. Kita tak usah bicara soal bagaimana senandung mengaktifkan sistem saraf parasimpatik yang memicu relaksasi tubuh. Atau, bagaimana ia meringankan sinusitis dan menurunkan tekanan darah. Lihatlah senandung sebagai satu teknik klasik dalam dunia penceritaan.
Lewat senandung, kisah-kisah, kebijaksanaan, hingga tren musik, menular dari satu orang ke orang lain. Ia juga berlaku vertikal, melintasi zaman.

Di sisi lain, senandung juga mengundang senyum. Ketika mendengar orang bersenandung dengan sungguh-sungguh, saya bertaruh, Anda hanya punya tiga respons: tersenyum, tersenyum dalam hati, atau ikutan sambil senyum-senyum sendiri.

Ia juga cermin hati. Anda bisa meraba, seperti apa benak seseorang yang bersenandung, “I’m in love with you little sister, we ride home in the night,” sepenggal lirik Bicycle dari Memory Tapes, atau,  “HHRRAAAHH…GRROOOOORRR,” ala vokalis aliran grindcore.

Tetapi di luar semua teori, bayangkan Andro. Jika tak ada senandung, bagaimana Andro bisa lolos dari impitan? Dan jika Andro tak bersenandung, perjalanan malam itu tentu basi sekali. Saya berterima kasih kepada ia, dengan satu catatan: Ndro, Ndro… perbarui referensi lagu kau.

Bayu Maitra, wartawan Reader's Digest Indonesia. Tukang keliling foto (bukan tukang foto keliling).
Kontak Bayu via Twitter @bayumaitra



inspirasi

Orang terkaya bukanlah ia yang paling banyak memiliki, tetapi dia yang paling sedikit memerlukan.

Anonim
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...