BLOG
26 Mar 2015

Buang Sampah Sembarangan, Haram!

Membuang sampah sembarangan sama haramnya dengan mengonsumsi minuman beralkohol dan menyantap babi.

Sedang asyik berkendara di kawasan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan, tiba-tiba sepeda motor di depan saya menepi tanpa menyalakan lampu sen. Spontan saya menginjak pedal rem. Masih diliputi rasa kaget, saya terkesiap dengan apa yang terjadi kemudian.

Dengan santai, dia melemparkan plastik berisi sampah ke arah sungai. Setelah itu, dia berlalu, meninggalkan saya yang masih mencoba memproses apa yang saya lihat, tentunya sambil diiringi bunyi klakson panjang kendaraan di belakang saya.

Saya belajar untuk tidak membuang sampah sembarangan dengan cara yang keras. Ketika berusia enam, saya dan keluarga membagi kehidupan kami antara Nunukan, Kalimantan Timur, dan Tawau, Malaysia. Nah, ketika sedang di Tawau, saya – tepatnya ayah saya – ditegur oleh petugas pusat perbelanjaan karena membuang permen karet di lantai, alih-alih di tempat sampah. Ayah saya tentu malu. Saya? Lebih tepatnya, takut diomeli Ayah ketimbang malu. Tetapi, I learned my lesson on that particular day.

Itu sebabnya, ketika Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa bahwa membuang sampah sembarangan itu haram, saya sangat bahagia. Bahagia karena akhirnya lembaga yang menaungi penduduk Indonesia yang beragama Islam itu bersuara lantang tentang sampah. Bahkan menurut saya, sebagai negara dengan penduduk beragama Islam paling besar di dunia, Indonesia seharusnya menjadi negara paling bersih dibandingkan negara lain.

Dasarnya adalah hadis yang mengatakan, “Kebersihan adalah bagian dari iman.” Kalau Anda mengaku umat yang beriman, maka Anda harus menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan bukan dengan cara membersihkan rumah Anda sampai kinclong, tetapi malah mengotori lingkungan dengan sampah rumah tangga Anda, seperti yang dilakukan pengendara sepeda motor di atas. Banyak cara penanganan sampah yang bisa diterapkan, mulai dari menggunakan sampah untuk hal lain (reuse), mengurangi sampah (reduce), sampai mendaur ulang sampah (recycle).

Sekarang fatwa sudah turun. Artinya, bagi 207 juta jiwa lebih umat Islam Indonesia, membuang sampah sembarangan sama haramnya dengan mengonsumsi minuman beralkohol dan menyantap babi. Yuk, berubah.

(Antono Purnomo, redaktur eksekutif Reader’s Digest Indonesia, pelaku #walkinghome yang mengantongi sampah sampai bertemu tempat sampah)



inspirasi

Pelajari semua yang Anda bisa, kapan pun Anda sempat, dari siapa pun. Akan selalu tiba waktunya ketika Anda bersyukur Anda telah melakukannya.

Sarah Caldwell
Telah Terbit
September 2015




Review

The Warrior Daughter

10 Sep 2015

Judul :The Warrior Daughter Penulis : Happy Salma Penerbit : Titimangsa Foundation Tahun Terbit : Cetakan I, 2015 Jumlah Halaman : 256 halaman The Warrior Daughter mengisahkan biografi Desak Nyoman Suarti, Kartini masa kini yang mempertahankan desain kerajinan perak khas nusantara dari kl...


Daylight

10 May 2015

Iris Boelens, pengacara, mengalami kasus pelik yang melibatkan kliennya, seorang produser film dewasa. Belum selesai kasus tersebut, ia juga harus menemukan kenyataan bahwa ia ternyata memiliki seorang kakak kandung, Ray, yang sedang menjalani masa tahanan. Kunjungan Iris kepada Ray di penjara m...


Album Perdana Milik Frau Akan Dirilis Ulang

4 Feb 2015

Perilis album piringan hitam yang bermarkas di Yogyakarta, menyampaikan kabar gembira: album perdana Frau akan dirilis dalam format piringan hitam! Anda masih ingat dengan Starlit Carousel? Ya, merupakan judul mini-album yang berisikan materi lagu-lagu apik milik Frau, yang pernah dirilis secara ...


Sate Jepang Nan Lezat Menawan

3 Sep 2015

Kalau Anda mengira bahwa kuliner Jepang hanya melulu sushi, yakiniku, teriyaki dan chicken katsu, maka Anda salah besar. Karena selain mereka ada pula hidangan bernama yakitori. Salah satu restoran yang mengkhususkan diri pada hidangan jenis ini adalah restoran Robaa Yakitori, yang pertama kali buka...


service solahart

12 Nov 2013

Service Solahart Water Heater Hub : (021 )71231659 – 082113812149 / 085920773653 CV.Fikri Mandiri Jaya Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.09 Pancoran Jakarta Selatan Email:mandirijaya.fikri@yahoo.com www.fikrimandirijaya.webs.com Kami adalah penyedia jasa service / perbaikan pemanas air,...