Artikel ini membuat Anda :
 
  Bahagia     0%   Terinspirasi    0%
  Penasaran     0%   Biasa Saja     0%

 Apa itu Cedera Hamstring? 

Apa itu Cedera Hamstring?
Image by : Istimewa
Bagi para atlet, cedera hamstring menjadi sesuatu yang menakutkan. Gara-gara cedera itu, impian mereka untuk menjadi juara bisa pupus.

Otot hamstring (paha) merupakan kumpulan tiga otot yang memanjang mulai dari pinggul hingga lutut. Dengan otot-otot itu, kita bisa meluruskan kaki atau menekukkan otot. Celakanya, ketika otot-otot hamstring meregang melebihi batas, akan menyebabkan cedera.

Cedera hamstring biasanya ditandai dengan nyeri di paha bagian belakang secara tiba-tiba saat beraktivitas. Otot terasa robek dan putus, area sakit terasa bengkak, lebam dan berwarna biru, otot melemah hingga kaki tak bisa lagi digunakan.

Cedera itu digolongkan dalam beberapa tingkatan. Mulai dari yang ringan, sedang hingga yang parah. Untuk cedera ringan biasanya tak terlalu menyakitkan. Otot hamstring hanya kehilangan sedikit kekuatannya dan mudah kembali normal.

Untuk cedera sedang, satu sampai dua otot-otot hamstring mengalami robek. Rasanya tentu saja akan sangat menyakitkan. Paha dan kaki Anda masih bisa digerakkan, meski akan kehilangan sebagian tenaga. Saat cedera parah, ketiga otot hamstring itu robek hingga ke pangkal tulang (avulsion).

Jika sudah mengalami itu, yang Anda butuhkan selain pengobatan adalah istirahat yang memakan waktu berbulan-bulan. Tak heran jika seorang pemain bola yang mengalami cedera hamstring parah harus rela duduk di bangku cadangan dan kehilangan kesempatan bermain.

Meski demikian, cedera otot hamstring bisa kita cegah, yaitu dengan meluangkan waktu untuk melakukan pemanasan. Cukup 10 hingga 15 menit sebelum latihan inti untuk melenturkan otot-otot kita. (Wiko Rahardjo)



TULIS KOMENTAR FORUM


  200 Karakter
** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.



 
Join Us Now
April 2014 (25 Maret - 24 April 2014)
Tuesday, 25 March 2014


 REVIEWS
Gadis Kretek Gadis Kretek
17 February 2014
Lebas, Karim, dan Tegar harus melakukan perjalanan kembali ke Kota M untuk memecahkan sebuah misteri di tengah sekaratnya Pak Raja, ayah mereka. Dalam sekaratnya, Pak Raja selalu mengigaukan nama Jeng Yah. Nama seorang wanita yang selalu membuat istri Pak Raja marah. Sebuah pekerjaan rumah besar bagi anak-anak mereka. “Jeng Yah? Siapa, ya?”. Pertanyaan itu berulangkali terucap dari mulut Lebas



  RDI ON TWITTER